Seperti Apa Sih Fitur Canggih Rem Motor Honda?

Feb 22, 2022 By Astra Motor Category : Info

Evolusi Rem Honda

Honda telah lama berinisiatif maju di bidang “rem”. Termasuk 1969 DREAM CB750FOUR, yang merupakan sepeda motor produksi massal pertama yang dilengkapi dengan rem cakram, dan mesin balap jalanan yang tahan lama tahun 1976 RCB1000. Dimana Honda telah mengadopsi rem di bagian depan dan belakang. Sejak saat itu, Honda telah mengembangkan berbagai teknologi pengereman dengan tujuan “rem yang memungkinkan lebih banyak orang untuk meningkatkan performa”. Hingga saat ini, Honda memiliki jajaran rem canggih sesuai dengan tipe dan model.

Jajaran Rem canggih Honda

CBS (Combi Brake System)

Bagian depan dan belakang rem sepeda motor biasa dioperasikan secara individual. CBS (rem interlocking depan-belakang) adalah rem yang beroperasi pada kedua roda dengan hanya mengoperasikan satu sisi. Ada dua tipe Honda CBS, diantaranya :

1.        Rem Gabungan Ganda

Saat rem depan tuas kanan dioperasikan, gaya pengereman juga didistribusikan ke rem belakang. Sekalipun rem belakang diaktifkan dengan pedal rem, gaya pengereman didistribusikan ke rem depan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan deselerasi yang stabil  saat melakukan pengereman pada kecepatan tinggi. Model rem ini telah dipasang pada motor sport besar.

2.       Rem Kombinasi

Saat rem belakang tuas kiri diaktifkan, rem depan juga beroperasi. Tujuannya adalah agar semua pengendara mendapatkan tenaga pengereman secara efisien dengan pengoperasian sederhana, seperti saat mengemudi di daerah perkotaan yang ramai kendaraan. Jenis rem ini sudah digunakan di sepeda motor kecil dan skuter.

ABS (Anti-Lock Braking System)

ABS adalah perangkat yang mendeteksi saat terjadi penguncian ban saat pengereman, yaitu dengan cepat memulihkan kecepatan putaran ban dan menjaga kestabilan badan kendaraan. ABS mendeteksi kecepatan putaran ban depan dan belakang dengan sensor yang dipasang di roda depan dan belakang dan jika ada perbedaan, maka ABS akan menentukan ban yang lebih lambat terkunci. Untuk mengatasi ban yang terkunci, cukup longgarkan rem untuk mengembalikan kecepatan putaran, lalu rem lagi. Dengan mengulanginya dalam 1/1000 unit detik, gaya pengereman terjamin lebih aman dan stabilitas bodi kendaraan terjaga.

Honda memiliki jajaran berbagai tipe ABS sesuai dengan jenis kendaraan dan kebutuhan pengendaranya, diantaranya :

1.       ABS Tipe tunggal

Jenis ini hanya bekerja pada roda depan yang kemungkinan besar pengunciannya akan mengakibatkan pengendara terjatuh.

2.       ABS Tipe Ganda

Ini adalah tipe yang bekerja di roda depan dan belakang untuk meningkatkan stabilitas dari jarak kecepatan tinggi.

3.       ABS untuk Super Sport

Selain menekan kunci ban dan memungkinkan perlambatan yang stabil, ABS menggunakan pengereman keras yang sangat diperlukan untuk penggerak sirkuit dan kontrol yang meningkatkan rasa aman saat melakukan pengereman saat menikung.

4.       ABS untuk Off-Road

Ini adalah sistem yang dapat melepaskan pengoperasian ABS hanya untuk rem belakang dengan sakelar ketika pengendara merasa perlu menggunakan rem depan dan belakang dengan benar dalam situasi seperti mengemudi off-road.

ABS Gabungan yang Dikontrol Secara Elektronik

Ini adalah sistem yang menggabungkan rem roda depan dan belakang yang saling mengunci secara otomatis dan tepat mendistribusikan gaya pengereman roda depan dan belakang serta “ABS” yang menekan penguncian. Saat rem depan diaktifkan, gaya pengereman juga didistribusikan ke rem belakang, dan saat rem belakang diaktifkan, gaya pengereman juga didistribusikan ke rem depan. Dengan mengoperasikan rem roda depan dan belakang secara seimbang pada saat yang sama, pengereman berkualitas dapat tinggi tercapai.