Review Honda ADV 150 ABS

Oct 21, 2019 By Astra Motor Category : Info

Pada pembahasan berikut, kami akan mereview Honda ADV 150 ABS yang digadang-gadang memang dibangun dari basis PCX. Dalam presentasinya, Kazuya Minowa selaku Large Project Leader Honda ADV150 menyebut bila skuter ini memang dibangun dari basis PCX. Ubahannya sebatas desain, penyesuaian rangka belakang, lalu karakter mesin dengan torsi lebih besar pada putaran bawah. Ubahan ini dilakukan karena ADV150 memiliki desain semi off road.

Yang menjadi keunggulan Honda ADV 150 ABS, dari segi mesin, skuter ini bukan benar-benar bisa digunakan untuk adventure lho. Menurut Johannes Loman selaku Executive Vice President PT AHM, ADV150 hanya mengadopsi gaya dari X-ADV. “Ini versi kecil dari X-ADV,” ucapnya usai peluncuran. Berikut selengkapnya tentang Honda ADV 150 ABS.

1.     Postur Tinggi Layaknya Motor Adventure

Jika Anda coba menduduki Honda ADV 150 ABS, memang agak sedikit repot, karena ground clearance Honda ADV 150 ABS ini tinggi dan terdapat tangki di bagian tengah. Jika kaki tersandung di tempat tangki ini sudah menjadi hal lumrah saat menaikinya. Untuk ukuran rata-rata orang Indonesia dengan tinggi 160 cm pasti lumayan repot saat akan menduduki Honda ADV 150 ABS.

Namun, kesulitan ini berbuah manis ketika kita suda mendudukinya. Posisi duduk yang tinggi dengan pandangan yang leluasa di depan tanpa banyak terhalang visor. Desain jok yang berlekuk-lekuk ini juga pas di bokong untuk bersandar. Kesan pertama duduk di Honda ADV 150 ABS membuat para pengendara agak sedikit jumawa, karena apabila pengendara lebih tinggi dari skuter pada umumnya. Dan juga panel instrumen juga bisa terbaca dengan jelas pada speedometer LED jenis inverted di Honda ADV 150 ABS. Honda ADV 150 ABS memiliki jarak terendah dengan tanah setinggi 165 mm.

2.     Posisi Berkendara Honda ADV150

Hal yang patut sekali di apresiasi dari Honda ADV 150 ABS yaitu posisi setang yang dekat dengan pengendara.  Hal Ini membuat pengguna Honda ADV 150 ABS bisa berkendara dengan tegak dan santai. Tidak hanya itu, desain dan posisi setangnya Honda ADV 150 ABS yang lebar dan tinggi membuat tangan dan pundak pengendara tidak cepat lelah.

Posisi duduk bagi yang dibonceng juga pastinya makin tinggi lagi. Ini menjadi catatan pada AHM karena desain Honda ADV 150 ABS membuat penumpang tidak bisa naik turun dengan mudah.

3.     Impresi Review Honda ADV150

Setelah knop kontak diputar, tombol starter dipencet, terkesan dengan kinerja starter yang halus. Namun setelah itu, karakter langsam yang cukup besar membuat motor lebih bergetar. Itu bukan masalah karena selama saat digas getarannya hilang.

Ketika gas diputar, motor mulai berjalan tapi tidak menghentak. Karakter Honda ADV 150 ABS ini lebih responsif pada putaran bawah sehingga tenaga langsung terasa sejak grip gas mulai diputar. Motor ini Cukup bersahabat buat pengendara paruh bayatapi kontras dengan desainnya yang gagah dan agresif.

Karakter torsi yang melimpah pada putaran bawah ini membuat pengendara punya tenaga yang cukup saat butuh akselerasi awal di tanjakan. Motor Honda ADV 150 ABS tidak sampai ngeden dan pengendara hanya butuh memutar grip gas sedikit saja. Karena memiliki karakter semi adventure, otomatis karakternya memang galak di bawah santai di atas.

4.     Rem OK

Yang paling hebatnya lagi Honda ADV 150 ABS memiliki rem yang pakem. Jadi sangat aman walau sudah dalam penggunaan yang cukup lama.