Pernah Keren Pada Masanya! Ini 5 Motor Legendaris di Indonesia

Jul 02, 2020 By Astra Motor Category : Info

Siapa yang rindu dengan model – model motor pada zaman dulu? Melalui artikel ini Anda akan diajak bernostalgia dengan motor – motor legendaris di Indonesia yang pernah keren pada masanya. Siapa tahu Anda berniat untuk mengoleksi salah satu di antaranya. Yuk, silahkan disimak!

1. Honda Astrea Grand

Motor ini merupakan salah satu motor legendaris yang sangat diminati pada zamannya. Honda Astrea Grand mengusung model retro sama seperti pendahulunya, yaitu Star dan Prima. Keiritan konsumsi bahan bakar motor ini dapat mencapai 60-77 km/liter dengan kecepatan rata-rata 55 km/jam. Astrea Grand mengalami sedikit perubahan pada bagian ekor di tahun 1994. Honda memberikan duck tail atau sejenis topi pada lampu belakang. Produksi Astrea Series dihentikan setelah era Supra masuk.

2. Vespa

Dengan bentuknya yang unik, vespa mampu menjadi salah satu motor paling legendaris dalam sejarah roda dua di dunia ini. Mulai dari era Vespa 2-tak kontemporer sampai Vespa Modern, seperti sekarang ini. Motor jenis skuter ini berasal dari Italia dengan perusahaan induk Piaggio. Model – model Vespa jadul yang diproduksi pada tahun 1946-1985 adalah Vespa 98, Vespa 125, Vespa GS, Vespa 150 GL, Vespa Super Sprint 90, Vespa 125 PRIMAVERA, Vespa 50 S, dan Vespa 125 T5 Pole Position.

3. Binter

Ternyata Kawasaki merupakan pabrikan yang pertama kali meluncurkan motor sport dengan mesin yang berkapasitas ‘besar’ di zamannya. Produk Kawasaki pertama yang bermesin dua Tak berkapasitas mesin 110 cc adalah Binter GTO 110. Versi ini diproduksi pada tahun 1980. Selain itu juga ada versi 125 cc yang pernah dijual oleh Binter di Indonesia. Kehadiran Binter Merzy 200, yang juga dikenal dengan Kawasaki KZ200, ternyata mampu melesatkan tren Binter di Indonesia. Kawasaki Binter Merzy 200 pertama kali diperkenalkan di pasar sepeda motor Indonesia sekitar tahun 1980-an. Pada waktu itu, motor sport ini sudah menggunakan mesin berteknologi 4-Tak.

4. Honda WIN

Tahun 1984 merupakan tahun dilahirkannya Honda Win. Hingga dua dekade berikutnya Honda Win tetap menjadi di kalangan pecinta motor. Honda Win merupakan pengganti dari Honda 90Z alias Honda Astra. Desain Honda Win lebih kotak ketimbang Honda 90Z. Motor ini mempunyai mesin berkapasitas 97 cc. Motor ini juga sukses mengungguli dua bersaudara GL, yaitu Honda GL-Pro neotech 145 cc dan sang adik GL-Max 125 cc.

5. Honda C70

Sejak tahun 1958, motor jenis bebek ini sudah mulai dipasarkan sejak tahun. Kemudian populer sekitar tahun 60-an. Pilihan mesin motor bebek ini beragam, sesuai dengan tipe motornya. Ada motor yang dibekali mesin berkubikasi 49cc hingga 124cc. Saat ini, motor bebek Honda C70 dijual pada rentang harga Rp 8 juta sampai Rp 15 jutaan, tergantung dari kondisinya.

6. Suzuki Shogun R 110

Suzuki Shogun mulai dipasarkan pada tahun 1993. Motor ini mengadopsi model motor sebelumnya, yaitu Tornado. Selanjutnya di tahun 2000 dilakukan pembaharuan dengan Shogun R yang tampilannya lebih baru dan segar. Warna hijau merupakan warna yang cukup diincar oleh peminat Shogun R 110. Berdasarkan isu yang beredar, Shogun R 110 dipasarkan guna menyaingi Supra X yang waktu itu marak di Indonesia.

7. Yamaha F1Z-R

Yamaha F1Z-R juga termasuk motor yang trendi di zamannya. Sebab desainnya yang sporty dengan lekuk bodi yang lebih tegas dan meruncing dari depan hingga belakang, terkesan sangat aerodinamis. Motor ini dibekali mesin satu silinder, 2-tak, berkapasitas 110,4 cc. Sistem pendingin pada motor ini menggunakan teknologi Yamaha Performance Cooling System (YPCS) dimana kipasnya ditempatkan di blok bagian kiri yang berfungsi untuk menyedot udara atau hawa panas dari mesin.