Pengertian  Teknologi ESP Pada Motor Honda

May 19, 2021 By Astra Motor Category : Info

Teknologi esp pada motor Honda adalah singkatan dari Smart (canggih, presisi, dan sensitif) Power (tenaga, mesin) yang disempurnakan, yang ringan, ringkas, dan biaya rendah sekaligus meningkatkan kinerja dan kualitas.

Hal seperti ini adalah mesin untuk skuter kecil yang menyadari kinerja tinggi seperti karakteristik keluaran yang sangat praktis dan daya tahan yang sangat baik, keheningan dan kualitas tinggi, serta kinerja konsumsi bahan bakar yang rendah.

Konfigurasi terbaru pada teknologi esp pada Motor Honda

Teknologi esp pada motor Honda terdiri dari teknologi berikut:

Lengan ayun tipe roller

Poros yang menopang rocker arm menggunakan bantalan jarum tipe shell yang mempertimbangkan ketahanan untuk mengurangi gesekan pada rangkaian katup.

Selain itu, apabila kehilangan gesekan juga akan dikurangi dengan mengurangi beban pegas katup dan profil cam yang sesuai dengan pengurangan massa inersia rangkaian katup dengan mengurangi ukuran dan berat roller.

Ruang bakar kompak dan port intake

Sepeda motor honda merancang ruang bakar yang kompak dengan mempertimbangkan kecepatan pembakaran dan performa pendinginan. Sehingga mesin mengedepankan karakteristik torsi dari skuter 125cc dalam kisaran praktis.

Selain itu, dengan menghaluskan sambungan antara lubang masuk dan ruang bakar, aliran jatuh yang kuat dapat dihasilkan di dalam silinder, dan respons throttle dari kisaran kecepatan rendah dan menengah ditingkatkan.

Silinder offset dan selongsong berduri

Gesekan dikurangi dengan “silinder offset” yang mengimbangi posisi silinder dengan poros engkol. Untuk selongsong silinder, sepeda motor honda telah mengadopsi selongsong berduri yang meningkatkan kinerja pendinginan dan mengurangi distorsi silinder dan diameter dalam lubang selama operasi dengan menerapkan perawatan tonjolan halus ke permukaan luar selongsong besi cor.

Piston ringan

Untuk mewujudkan respons throttle yang gesit dan mengurangi getaran mesin yang khas pada satu silinder, sepeda motor honda mencoba untuk secara menyeluruh mengurangi berat bagian bolak-balik seperti piston.

 

Kekakuan tinggi poros engkol

Dengan mengadopsi desain bantalan baru yang mendukung poros engkol, diperoleh kekakuan tinggi bantalan karter dan tata letak yang ringkas. Mekanisme seperti bak mesin, dll.

Pada mesin skuter satu silinder normal. Ruang rantai berfungsi sebagai saluran untuk mengembalikan oli dari kepala silinder dan sekaligus sebagai saluran nafas.

Tetapi mesin ini bertujuan untuk kepraktisan yang lebih tinggi dan berlawanan dengan ruang rantai bubungan. Saluran nafas kedua disediakan di samping untuk meningkatkan ketangguhan fungsi terhadap kemiringan badan kendaraan.

 

Sistem pendingin yaitu Sistem pendingin air

Dilengkapi dengan radiator terintegrasi di kanan luar mesin, dan “sistem pendingin air built-in” yang secara efektif memasukkan udara pendingin dengan kipas yang dipasang di dalamnya.

Dengan mengintegrasikan mesin dan radiator, mesin menjadi ringan dan kompak.

 

Transmisi variabel kontinu tipe V-belt atau biasa disebut V-Matic

Mekanisme transmisi variabel kontinu tipe V-belt rasio lebar atau biasa disebut dengan V-Matic diadopsi untuk mewujudkan percepatan yang mulus dari awal yang bertenaga dan lari yang nyaman hingga rentang putaran tinggi.

Output mesin secara efisien disalurkan ke roda belakang dari sebagian wilayah dengan bukaan throttle rendah ke wilayah beban tinggi saat terbuka penuh.

Karet sangat elastis yang baru dikembangkan digunakan untuk sabuk penggerak untuk secara efisien mengirimkan tenaga penggerak serta daya tahan.