Oli All New Honda Beat Semakin Irit Tetap Bikin Nyaman Berkendara

Jan 22, 2020 By Astra Motor Category : News

Untuk tingkat popularitas motor matic sekarang ini sudah luar biasa, dimana setiap pemain pasar terus bersaing untuk menawarkan produk sepeda motor terbaik. Bukan cuman dari segi desainnya saja, melainkan ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh produsen. Seperti yang ditawarkan oleh Honda pada motor BeAT terbarunya itu.

Perlu diketahui bahwasanya All New Honda BeAT kali ini menawarkan penggunaan jumlah oli mesin yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk kapasitas yang dibutuhkan untuk melumasi bagian dalamnya yaitu cuman 0,65 lite saja dalam penggantian rutin. Dimana untuk jumlah tersebut lebih irit jika dibandingkan dengan sebelumnya yang mencapai 0,8 liter.

Jelas saja untuk jumlah pengurangan oli mesin ini ada sebabnya, yakni penggunaan generasi mesin eSP terbaru. Dimana untuk mesin ini telah menggunakan konfigurasi bore x stroke 47 x 63,1 mm dengan menggunakan kapasitas total 109,5 cc. Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Endro Sutarno, selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor. Bahwasanya penggunaan oli yang sedikit ini karena memang layout new engine yang dimiliki lebih compact.

Tidak hanya berdampak pada penggunaan oli yang semakin sedikit saja, melainkan penggunaan mesin eSP terbaru pada All New Honda BeAT yaitu bisa menawarkan berat yang lebih ringan. Yang mana kini model terbaru dari BeAT ini cuman memiliki bobot seberat 89 kg saja untuk tipe CBS dan BeAT Street. Sedangkan untuk tipe CBS-ISS memiliki berat 90 kg atau 1 kg lebih berat dari bobot tipe sebelumnya.

Akan tetapi kalau dibandingkan dengan Honda BeAT model sebelumnya, jelas lebih ringan. Karena untuk generasi Honda BeAT eSP sebelumnya memiliki bobot seberat 92 kg. Dengan demikian, pengendara bisa melakukan akselerasi serta angkatan mesin lebih ringan jika dibandingkan sebelumnya, ataupun melakukan manuver juga lebih mudah, lantaran beratnya yang semakin ringan menjadikannya mudah dikendalikan.

Oh ya, untuk penggunaan oli mesin pada All New Honda BeAT kali ini memanglah lebih sedikit. Akan tetapi Endro Sutarno telah mengklaim kalau tingkat pemanasan mesin tetap bisa maksimal, walaupun untuk pelumasannya tidak menggunakan banyak oli.

Perlu diketahui bahwasanya salah satu kelebihan yang dimiliki oleh All New Honda BeAT lainnya yakni penggunaan suspensinya yang kokoh, akan tetapi menawarkan tingkat kenyamanan yang pas dalam bobot standar. Motor ini telah menggunakan suspensi teleskopik pada bagian depannya, sedangkan belakang menggunakan suspensi lengan ayun yang sudah dilengkapi dengan peredam kejut tunggal.

Dengan demikian, tidak mengherankan kalau All New Honda BeAT kali ini juga mampu menahan beban pengemudi dan penumpangnya dengan baik dan nyaman, sebab untuk tingkat suspensi yang ditawarkan ini bisa menyesuaikannya dengan baik dan cepat ketika melewati jalanan yang tidak rata ataupun berlubang sekalipun.

Selain itu, untuk teknologi pengereman yang tertanamkan juga sudah mengikuti standar teknologi paling terkini, sehingga tak perlu dikhawatirkan lagi akan terjadinya ketidaknyamanan saat berkendara seperti pengereman mendadak, selip, dan semacamnya. Untuk bagian depan, Honda menggunakan sistem cakram hidrolik piston tunggal. Sedangkan di bagian belakang menggunakan sistem rem tromol.

Kemudian untuk bagian velg jelas sudah menggunakan gaya racing, sehingga untuk penampilannya sendiri terbilang lengkap dan semakin stylish. Walaupun begitu, untuk masalah kualitasnya tetap terjaga dengan baik, kekuatan velg tersebut memanglah luar biasa sehingga pengendara tidak perlu takut ketika melewati beberapa benturan yang tidak terlalu parah.