Lebih Mengenal Teknologi Motor Honda “Hyper VTEC”

May 19, 2021 By Astra Motor Category : Info

HYPER VTEC adalah sistem kontrol katup yang mengubah jumlah katup operasi per silinder dari 2 menjadi 4 saat kecepatan putaran yang ditetapkan tercapai.

Berdasarkan teknologi kontrol hidraulik asli Honda. Untuk mengganti jumlah katup, pada kisaran rpm rendah dan menengah, satu katup diatur ke hibernasi pada sisi masuk dan keluar, dan dua katup dioperasikan secara diagonal per silinder.

Mencapai efisiensi masuk dan keluar terbaik, dan memperoleh akselerasi dan torsi yang bertenaga. Selain itu, pada kisaran rpm tinggi, keempat katup beroperasi per silinder, menunjukkan karakteristik keluaran yang halus dan elastis yang unik untuk mesin 4 katup.

Konsep pengoperasian HYPER VTEC

Hanya 2 katup (intake dan exhaust 1) yang beroperasi pada kisaran rpm rendah dan sedang. Ini mencapai pembakaran terbaik pada putaran rendah dan sedang, dan menunjukkan akselerasi yang kuat sejak awal dan torsi yang besar selama jelajah.

Pada kisaran rpm tinggi, keempat katup beroperasi penuh saat mencapai rpm yang ditentukan, mencapai pembakaran terbaik pada rpm tinggi. Menunjukkan karakteristik keluaran yang halus dan elastis yang unik untuk mesin 4-katup.

Struktur HYPER VTEC

Honda telah menyetel katup biasa yang beroperasi di seluruh rentang mulai dari putaran kecepatan rendah hingga putaran kecepatan tinggi untuk setiap silinder, dan katup jeda yang berhenti pada putaran rendah dan sedang dan hanya beroperasi pada putaran tinggi.

Hal ini terdiri dari sistem pengalihan operasi katup yang dibangun ke dalam pengangkat katup dari katup penghenti ini dan sistem kontrol banjir termasuk sirkuit hidrolik.

Suspensi atau pengoperasian katup dikontrol oleh posisi pin sakelar katup. Selanjutnya disebut pin geser yang terpasang pada pengangkat katup.

Katup tidak aktif

Saat katup diam, tidak ada oli yang dialirkan ke pin geser, dan pin geser ditekan ke pin stopper oleh pegas balik.

Pada saat ini, karena batang katup masuk ke lubang tembus yang disediakan di pin geser, katup dalam keadaan tidak aktif meskipun pengangkat katup dan mekanisme sakelar digerakkan oleh cam.

Status operasi katup

Tekanan banjir bekerja pada pin geser dan menggeser pin geser. Sejak pin geser bergeser, saat pengangkat katup digerakkan, bagian datar dari pin geser mendorong batang katup, dan katup serta pengangkat katup bergerak bersama.

Model Hyper VTEC pada Motor Honda

Setelah model pertama muncul pada bulan April 1992, CB400SF menerima perubahan model penuh pertamanya pada tahun 1999. CB400SF generasi kedua menggunakan HYPER VTEC di mesinnya dan menggunakan rangka dan suspensi yang baru dirancang.

Rincian HYPER VTEC dijelaskan di bawah ini, meskipun mencapai torsi yang melimpah di kisaran putaran rendah dan menengah dan pertumbuhan di kisaran putaran tinggi, nilai konsumsi bahan bakar yang konstan adalah 34,7 hingga model 1998. Hal seperti Ini telah meningkat dari km per liter hingga 37km per liter.

Rangka dudukan ganda yang baru dirancang telah didesain ulang untuk penanganan yang sporty dan mudah digunakan dengan meninjau keseimbangan kekakuan, mengubah panjang guncangan belakang dan sudut kastor, memperpendek jarak sumbu roda, dan mengatur posisi pemasangan mesin 10 mm lebih rendah dari konvensional.

Model yang dilakukan merupakan pengguna casing bawah tipe dua bagian yang mirip dengan yang digunakan pada CBR 900 RR, dan shock belakang menggunakan tangki penampung dan tipe dengan fungsi penyetelan kecepatan pegas dua tahap.