Lebih Mengenal Apa Itu Rem Kombinasi Pada Honda

Apr 21, 2021 By Astra Motor Category : Info

Tidak seperti mobil, rem sepeda motor dioperasikan secara independen di depan dan belakang, dan pengendara perlu mengontrol distribusi rem depan dan belakang dengan benar.

Dengan skuter umum, perlu untuk mengoperasikan rem belakang dengan tangan kiri dan rem depan dengan tangan kanan secara seimbang, dan tergantung pada kebiasaan pengendara, tingkat keahlian, tidak mungkin berhenti di jarak yang sesuai, atau badan kendaraan menjadi tidak stabil.

Rem kombinasi adalah sistem yang mendukung pengoperasian “menerapkan rem depan dan belakang secara seimbang” dan bertujuan untuk memungkinkan lebih banyak pengendara.

Dari pemula hingga yg sudah berpengalaman, untuk secara efisien menghasilkan kinerja rem dan berhenti dengan tenang. Pikiran.

Sekalipun hanya mengoperasikan tangan kiri, rem depan dan belakang secara otomatis akan bekerja dengan keseimbangan yang baik.

Sehingga dapat menggunakan rem yang sesuai bahkan jika tidak terbiasa menggerakkan tuas depan dan belakang secara bersamaan hanya dengan jumlah gaya yang tepat.

Karena rem depan di sisi kanan hanya beroperasi di roda depan, maka dimungkinkan untuk melakukan penyetelan yang baik.

Tentu saja, keseimbangan rem depan dan belakang diatur secara otomatis, dan meskipun menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan, itu tidak akan “terlalu efektif”.

Evolusi rem Honda

Honda telah lama berinisiatif maju di bidang “rem”, termasuk 1969 DREAM CB750FOUR, yang merupakan sepeda motor produksi massal pertama yang dilengkapi dengan rem cakram, dan mesin balap jalanan yang tahan lama tahun 1976 RCB1000.

Mengadopsi bagian depan dan belakang. Rem roda yang saling mengunci dan telah melanjutkannya. Sejak saat itu, Honda telah mengembangkan berbagai teknologi pengereman dengan tujuan “rem yang memungkinkan lebih banyak orang untuk meningkatkan performa” tanpa memperlambat evolusi.

Honda memiliki jajaran rem canggih sesuai dengan tipe dan model.

Jajaran rem canggih Honda

Sekarang yuk intip rem terbaru Honda!

·         CBS (sistem rem interlocking roda depan dan belakang)

Bagian depan dan belakang rem sepeda motor umum dioperasikan secara individual, tetapi CBS (rem interlocking depan dan belakang) adalah rem yang beroperasi di kedua roda dengan hanya mengoperasikan satu sisi.

Ada dua tipe Honda CBS. Yaitu Dual gabungan rem untuk mendistribusikan gaya pengereman ke rem belakang (rem roda belakang) saat rem depan (rem roda depan) tuas kanan dioperasikan, dan menggunakan rem belakang dengan rem Selain itu, distribusikan gaya pengereman ke rem depan.

Dengan mendistribusikan rem ke roda depan dan belakang, saat melakukan pengereman dengan kecepatan tinggi, pergerakan pengendara yang tidak terduga dapat ditekan semaksimal mungkin, dan perlambatan yang lebih stabil dapat diperoleh.

Ini terutama dipasang pada model olahraga besar. Pada rem kombinasi kedua, saat rem belakang tuas kiri diaktifkan, rem depan juga beroperasi.

Hal ini adalah sistem pengereman yang memudahkan berbagai pengendara untuk beroperasi di daerah perkotaan dan bertujuan untuk gaya pengereman yang efisien, dipasang pada sepeda motor kecil dan skuter.

·         ABS (Sistem Pengereman Anti-Lock)

ABS adalah perangkat yang mendeteksi saat ban terkunci saat pengereman, memulihkan kecepatan putaran ban dengan cepat, dan menjaga stabilitas bodi kendaraan.

Untuk itu perlu menggunakan rem berbeda, ada sistem ABS untuk penggunaan off-road yang bisa melepaskan pengoperasian ABS hanya untuk rem belakang dengan sakelar.