Kenalan dengan Teknologi VTEC, Mesin Motor Honda Untuk Masa Depan

Dec 26, 2019 By Astra Motor Category : News

Honda menjadi brand yang cukup aktif dalam mengembangkan produknya di pasaran, entah itu dari segi desain hingga mesin yang digunakan. Itu tidak lain dilakukan oleh PT Astra Honda Motor untuk memberikan kualitas yang lebih unggul kepada konsumen, agar produknya semakin dipercaya dan diandalkan oleh banyak kalangan.

Setelah beberapa bulan lalu melakukan terobosan baru melalui motor matic petualang bernama Honda ADV 150, kini Honda kembali lagi membuat dunia otomotif berdecak kagum lantaran adanya pengembangan mesin baru dengan kualitas yang jelas lebih unggul pastinya. Disebutkan kalau nantinya Sepeda Motor Honda akan menggunakan konfigurasi mesin terbaru untuk produknya di masa mendatang.

Berdasarkan paten mesin motor Honda yang telah beredar luas di media sosial, menunjukkan kalau desain rancang bangunnya ini terlihat memiliki perbedaan cukup signifikan. Perbedaan paling mencolok bisa dilihat dari jumlah katup pada silindernya. Dimana biasanya motor Honda memiliki dua buah katup, dan yang terbaru kali ini telah memiliki 2 pasang katup, dimana itu telah mengalami peningkatan 2x lipat.

Dengan adanya penambahan jumlah katup ini, jelas saja untuk asupan udara dan bahan bakar yang disemprotkan akan lebih banyak ketimbang biasanya. Dan secara otomatis tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut lebih besar. Akan tetapi dengan adanya teknologi baru seperti ini, akan membuat bahan bakar tidak lagi irit, alias menjadi lebih boros. Namun sepertinya Honda memiliki penawar untuk mengatasi konsumsi tingkat BBM yang besar ini.

Paten Mesin Honda

Honda diketahui akan menggunakan teknologi katup variabel, dimana ini biasanya ditanamkan pada mesin mobil Honda atau motor besar yang disebut dengan VTEC alias Variable Valve Timing and Lift Electronic Control. Akan tetapi masih belum diketahui apakah nama teknologi baru ini nanti tetap VTEC, sama seperti sebelumnya atau tidak.

Sebagaimana yang bisa Anda lihat sendiri dalam gambaran paten tersebut, dimana untuk indikasi kuat katup variabel ini ditunjukkan pada poin nomor 69. Untuk bentuknya itu diyakini sebagai aktuator yang dapat mengendalikan bukaan katup masuk dan buang pada blok mesin. Dan katup variabel ini dapat mendongkrak tenaga yang lebih merata berdasarkan pengaturan ECU pada putaran mesin rendah, menengah, hingga tinggi sekalipun.

Untuk lebih mudah memahaminya, teknologi Variable Valve Actuation (VVA) ini seperti yang terdapat pada sejumlah motor keluaran Yamaha series terbaru. Bukan cuman itu saja, beberapa menyebutkan kalau teknologi mesin baru ini nantinya akan diterapkan pada motor matik Honda SH series. Dimana untuk jantung mekanis ini nanti bakal lebih mirip seperti PCX, ADV 150 ataupun Honda Vario. Dengan demikian tidak mungkin bagi sepeda motor terbaru Honda ini nantinya memiliki kekuatan lebih bertenaga, tetap irit, hingga memiliki akselerasi serta kecepatan yang lebih baik ketimbang sebelumnya.

Namun diperkirakan untuk Sepeda Motor Honda dengan teknologi mesin terbaru ini baru keluar alias rilis pada tahun 2021 mendatang. Dan sementara ini beberapa motor matic keluaran terbarunya seperti PCX, ADV 150 hingga Vario masih menggunakan mesin SOHC, dimana ini menawarkan tingkat irit yang baik sekali terhadap konsumsi BBM. Meski begitu, performa mesinnya masih tetap tinggi, dan desain body yang tepat menjadikan kecepatannya menjadi lebih baik, serta pengendara juga dapat bermanuver dengan baik dan lincah, terlebih ketika tengah berada di tengah kemacetan.