Inilah Alasan Teknologi Pengereman Honda Genio Lebih Canggih Ketimbang Pesaing

Jan 06, 2020 By Astra Motor Category : Info

Honda telah melakukan perkembangan terhadap sederet motor keluaran terbarunya, ini bisa diketahui dari beberapa model terbaru yang dikeluarkan pada tahun 2019 kemarin. Dimana salah satu brand motor ternama di Indonesia ini menawarkan beberapa perubahan terbaru pada kendaraan, bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman terhadap penggunanya. Selain Honda ADV 150 yang menawarkan fitur baru serba canggih, ada Honda Genio juga yang hadir di kelas lebih terjangkau.

Untuk Honda Genio ini telah menggunakan beberapa teknologi terbaru yang jelas menjadikan kendaraan ini memiliki kenyamanan berkendara lebih puas ketimbang motor matic Honda sebelumnya seperti BeAT ataupun Vario sekalipun. Terlebih harga yang ditawarkan juga tidak melambung tinggi, sehingga membuat motor satu ini menjadi pilihan tepat sebagai tunggangan sehari-hari. Salah satu yang menarik dari skutic modern terbaru dari Honda ini yaitu sistem pengeremannya.

Teknologi Pengereman Honda Genio Lebih Canggih & Nyaman Untuk Berkendara

Rem depan Honda Genio telah menggunakan sistem disc brake satu piston, sedangkan bagian belakang masing mengandalkan rem tromol. Namun dengan beberapa dukungan teknologi baru yang ditawarkan, menjadikan sensasi berkendara lebih nyaman lagi, terutama dalam melakukan pengereman.

Kemudian untuk rasa yang ditawarkan terhadap kedua handle rem ketika ditarik juga lebih empuk jika dibandingkan dengan BeAT. Namun salah satu keunikannya yakni, meski sudah digunakan lebih dari 600 Kilometer perjalanan, akan tetapi kampasnya masih belum juga menggigit maksimal, sehingga jarak pengeremannya masih relatif panjang.

Sedangkan pada bagian handel rem belakangnya telah dilengkapi dengan fitur parking brake lock, dimana ini menggunakan pengunci besar, sehingga pengguna bisa dengan mudah mengoperasikannya. Dan pastinya dengan adanya fitur tersebut, menjadikan kendaraan semakin aman lagi ketika di parkir di suatu wilayah dalam kondisi cukup ekstrem sekalipun.

Selain itu, ada pula fitur CBS (Combi Brake System) yang ditawarkan pada Honda Genio. Dimana melalui fitur tersebut pengguna dimungkinkan untuk mengerem menggunakan rem belakang dan depan secara bersamaan, hanya dengan menekan tuas rem belakang saja. Fitur ini akan sangat berguna ketika terjadi panic braking pada rem belakang, sehingga mencegah roda belakang terkunci lalu menyebabkan slide.

Berkat adanya teknologi CBS ini menjadikan pengendara tetap aman berada di atas motor lantaran Honda Genio tetap dalam keadaan stabil (tidak selip) ketika melakukan pengereman mendadak. Dengan adanya dukungan body eSAF yang digunakan, jelas saja pengendara tidak perlu usaha yang besar untuk menjaga keseimbangan kendaraan ketika mengalami kejadian tak terduga seperti ini.

Sedikit pembahasan mengenai sasis dan mesin terbaru yang digunakan oleh Honda Genio, dimana untuk modelnya sama sekali berbeda jika dibanding dengan BeAT series, Vario ataupun Scoopy sekalipun. Teknologi eSAF memiliki berat yang lebih ringan, namun tetap kuat dan mudah dikendalikan dalam berbagai macam kondisi. Ini pertama kalinya Honda menerapkan teknologi ini pada kendaraan besutannya di Indonesia.

Dan untuk pada bagian mesin, memang sih hanya 110 cc saja. Akan tetapi Honda Genio sudah menggunakan konsep eSP (enhanced Smart Power) terbaru dimana ukurannya lebih kecil, ringan, namun tetap efisien untuk digunakan berkendara sehari-hari oleh pengguna. Oleh karenanya, kendaraan ini tidak cocok untuk berpacu dalam kecepatan tinggi, dan terburu-buru. Melainkan akan lebih cocok untuk berkendara santai ataupun menerobos kemacetan dengan mudah dan lihai, karena pengendaliannya yang ringan dan dukungan sistem pengereman canggih.