Honda Tanggapi Motor Trail Pesaing

Feb 20, 2020 By Astra Motor Category : News

Tidak cuman hadir untuk menawarkan produk sepeda motor yang berguna bagi masyarakat secara umum saja, melainkan Honda juga berpengaruh dalam bisnis motor trail yang ditujukan untuk kalangan tertentu. Semisal bagi mereka yang suka adrenalin dan melakukan pendakian, dimana mereka jelas saja akan lebih disarankan untuk membeli motor trail jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Hal ini dikarenakan motor trail di desain dengan body lebih kuat dan memiliki mesin yang lebih tinggi dalam keadaan rendah. Hal itu bertujuan untuk memberikan pengalaman pendakian gunung atau mungkin melewati berbagai macam rintangan yang ada dihadapannya dengan lebih mudah lagi. Begitu juga dengan sistem rem yang mungkin mengalami sedikit modifikasi agar bisa memberikan rasa nyaman dan aman terhadap pengendara.

Seperti yang diketahui bahwasanya motor trail ini lebih efektif ketika digunakan dalam medan-medan yang sulit, seperti pegunungan, jalan terjal, berlumpur, banyak genangan air, berlubang, tidak rata, dan medan ekstrim lainnya. Sedangkan ketika digunakan pada jalan beraspal yang mulus, malah tidak enak alias lebih nyaman menggunakan motor sport seperti Honda CBR150R misalnya. Hal itu karena penggunaan ban dan shockbreaker yang lebih keras, sehingga akan terasa banget getaran saat berkendara di medan rata seperti itu.

Tidak hanya Honda, ada beberapa pesaing pasar yang bergelut dalam bidang satu ini. Dan pada awal tahun 2020 ini Yamaha telah meramaikan pasar ini lagi melalui motor unggulannya WR 155R. Disebut-sebut kalau kehadiran kendaraan ini nantinya bakal mengusik pemain besar yang sudah lebih dahulu eksis di pasaran, seperti Kawasaki KLX 150 dan juga Honda CRF 150.

Walaupun sebenarnya dari segi harga masih lebih terjangkau CRF dan KLX, akan tetapi WR yang berasal dari YAMAHA ini tidak bisa dianggap remeh. Terlebih lagi vendor tersebut juga punya basis loyalis di Tanah Air. Lantas, bagaimanakah tanggapan Honda terkait kehadiran pesaing baru yang makin meramaikan pasar motor trail ini dari sang pesaing ketatnya di pasar Sepeda Motor Indonesia?

Tanggapan Honda Soal Kedatangan WR 155R

Berkaitan dengan hal tersebut, Thomas Wijaya selaku Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor tidak merasa terancam sama sekali. Malahan dirinya mengaku senang, karena banyak pilihan di segmen motor trail di pasaran. Kalau dari pihaknya sendiri berharap kedepannya bisa menumbuhkan pasaran motor trailnya lebih baik di Indonesia, kalau bisa laku keras seperti motor matic yang kini posisinya memuncaki pasar.

Dalam keterangan lanjutannya, disebut kalau segmen pasar motor trail ini tidak terlalu gemuk jika dibandingkan dengan pasar motor sport 150cc biasa. Dengan demikian, ini tidak begitu mengancam posisi puncaknya dalam bisnis Sepeda Motor yang telah didapatkan pada tahun kemarin. Terlebih untuk hasil penjualan yang ditorehkan oleh AHM begitu luar biasa jumlahnya, lebih dari setengan konsumen Indonesia percaya terhadap kualitas produk serta kenyamanan dalam berkendara motor Honda.

Berdasarkan laporan data yang dipublikasikan, disebutkan paling laris berasal dari kategori motor matic. Dimana Honda Vario dan Honda BeAT menjadi duo primadona di pasaran. Akan tetapi untuk BeAT ini diklaim lebih laris dan laku cepat, bukan cuman produk baru saja melainkan produk second yang dijual kembali oleh beberapa pihak terbukti juga masih cepat terjual.

Kemudian kemarin, dengan dihadirkannya generasi terbaru All New Honda BeAT 2020, dengan pembaruan dari segi desain dan juga performa, diharapkan pasar Sepeda Motor di Indonesia semakin tumbuh menjadi lebih baik lagi di tahun ini. Dengan penjualan lebih meningkat serta daya persaingan yang lebih ketat lagi jika dibandingkan tahun sebelumnya.