Honda Siap Luncurkan Motor Seri ADV 4 Silinder

Jul 02, 2020 By Astra Motor Category : News

Teknologi motor saat ini sedang gencar-gencarnya untuk berkembang. Apalagi di daerah asal pembuatan motor-motor ini. Di Jepang segala teknologi sedang bersaing, tak terkecuali teknologi motor ini.

Salah satu pabrikan motor terbesar di dunia, pabrikan Honda, sedang sibuk mempersiapkan motor 4 silinder rancangannya. Sebelum ini, pesaingnya telah menciptakan motor 4 silinder terlebih dahulu. Yaitu Kawasaki dengan ZX-25R atau juga yang disebut sebagai Ninja 4 Silinder. Kemunculan Ninja 4 silinder ini sempat menarik perhatian masyarakat untuk melirik Kawasaki.

Tak ingin kalah dengan pesaingnya, Honda telah mempersiapkan hak patennya terhadap motor 4 silinder miliknya ke European Intellectual Property Office. Honda menunjuk seri ADV sebagai delegasi yang berhak mendapatkan penyematan mesin 4 silinder ini. Hal ini tentunya merupakan terobosan baru dari Honda.

Sebelumnya, Honda telah memiliki varian motor yang dilengkapi oleh satu hingga tiga silinder. Dengan hadirnya motor 4 silinder ini, tentu menambah warna baru dalam varian motor petualang milik Honda. Hingga kini hanya terdapat 2 motor yang merupakan motor petualang 4 silinder. Motor-motor tersebut yaitu BMW S1000XR dan Kawasaki Versys 1000.

Dari fitur yang ditawarkan motor ini, sebenarnya public masih dibingungkan dengan jenis motor petualang yang akan digarap oleh Honda ini. Pasalnya, motor petualang 4 silinder lebih cocok digunakan untuk aspal jalan raya saja dibandingkan dengan jalanan off-road. Bentuk dari 4 silinder ini cenderung besar, sedangkan untuk jalanan off-road membutuhkan desain yang lebih ramping dan siap menghadapi segala rintangan yang ada.

Penggunaan mesin 4 silinder sendiri sebanrnya tidak terlalu umum digunakan untuk motor petualang. Jika memang nantinya mesin ini disematkan pada ADV, maka ia harus didesain seramping dan seringan mungkin. Kembali lagi ke fungsi motor petualang itu sendiri yang digunakan untuk menaklukkan jalanan off-road. Namun, jika memang ADV terbaru ini diciptakan untuk aspal jalanan yang sporty tentu ceritanya akan berbeda. Motor petualang biasanya mengandalkan putaran bawah, namun pada mesin 4 silinder ini mengandalkan tenaga dan torsi putaran atas.

Desain sporty dari motor ini terlihat sangat jelas. Terpasang fairing setengah yang runcing. Fairing ini juga terintegrasi dengan tangki bahan bakar. Velg cast wheel yang terpasang dalam desain motor ini, nampaknya lebih cocok untuk pengguna jalan raya. Motor ini juga dilengkapi dengan knalpot 4×2, stang tipe tubular, suspensi depan USD, caliper rem depan radial serta model yang agresif.

Terlepas dari kecocokan atau tidak antara penggunaan mesin terhadap jenis motor, dengan munculnya varian baru ADV 4 silnder ini tentunya menjadi inovasi tersendiri bagi Honda. Pemakaian mesin 4 silinder ini nantinya tentu juga akan berpengaruh ke varian produk Honda yang lain. Kondisi seperti ini yang mana pabrikan hanya mengembangkan sebuah mesin hanya untuk satu jenis motor adalah kondisi yang sangat jarang sekali ditemui.

Prediksi yang kuat juga muncul untuk produk-produk Honda yang lainnya. Diperkirakan bahwa motor petualangan CRF650 juga akan dibekali dengan 4 silinder ini. Tak hanya itu, berbagai varian produk Honda dengan kapasitas 650cc akan menjadi target selanjutnya untuk pemasangan mesin 4 silinder ini. Mari kita nantikan saja perkembangan desain produk Honda ini. Kemunculan varian ini juga cukup dinantikan oleh masyarakat apakah sesuai dengan ekspektasi atau melebihi ekspektasi yang telah dibuat?