Honda Semakin Berkuasa di Pasar Motor Indonesia

Jan 22, 2020 By Astra Motor Category : News

Untuk tingkat pertumbuhan kendaraan di Indonesia, Sepeda Motor menunjukkan angka yang luar biasa. Terlebih semenjak kedatangan motor matic, dimana penggunaannya yang semakin mudah menjadikan banyak kalangan semakin berani dalam berkendara, karena tinggal gas dan rem saja sudah sampai di tempat tujuan. Akan tetapi meski demikian harus menaati beberapa peraturan rambu lalu lintas yang ada, agar tidak merugikan diri sendiri ataupun pengendara lain.

Dibalik pertumbuhan pasar Sepeda Motor di Indonesia, jelas ada dalang di baliknya yang terus melakukan inovasi terbaru untuk memberikan kualitas yang mengesankan terhadap konsumen. Seperti Honda, dimana data terbaru menunjukkan kalau ternyata memang inilah penguasanya, dan terus maju dalam mengembangkan produk kendaraan roda duanya.

Bahkan ada yang meyakini jika Honda kini tidak ada yang bisa mengalahkan dalam bisnis roda 2 di Indonesia. Hampir sulit menandingi brand satu ini, yang terus berkembang lewat berbagai macam produk terbarunya yang penuh inovasi dari segi desain, mesin, hingga teknologi yang tertanamkan. Salah satu produk yang terbaru dan membuat konsumen pecinta produk Honda semakin berkesan yakni kedatangan All New Honda BeAT.

Menurut data laporan penjualan yang dipublikasikan oleh perusahaan, diketahui kalau pada tahun 2019 kemarin pangsa pasar motor di Indonesia telah dikuasai oleh Honda dengan perolehan hingga 75,7 persen. Dimana untuk total penjualan sepeda motor di Indonesia sebanyak 6,48 juta unit, sehingga untuk Honda sendiri berarti telah berhasil menjual sebanyak 4 juta unit sepeda motor dalam waktu setahun dari semua jenis dan merek.

Akan tetapi berdasarkan data perbandingan dari perusahaannya sendiri, untuk tingkat pertumbuhan yang didapatkan ternyata masih flat. Dimana Honda cuman mengalami pertumbuhan sekitar 3% saja dibanding tahun sebelumnya. Sehingga pada tahun 2019 kemarin mendapatkan hasil penjualan sebanyak 4,9 juta motor atau lebih tepatnya 4.910.688 unit sepeda motor.

Bukan cuman dari segi sepeda motor matic saja, beberapa jenis sepeda motor yang berhasil dikuasai oleh brand Honda ini diantaranya yakni termasuk Sport dan juga motor bebek. “Kalau motor matic bebek di atas 70%, Sport hampir 60%,” seperti itulah pernyataan yang disampaikan oleh Thomas Wijaya selaku menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor di Jakarta, Senin (20 Januari 2020).

Akan tetapi untuk Honda sendiri juga tidak sekedar berkuasa di pasar Indonesia saja, dimana secara perlahan motor Honda yang merupakan hasil produksi dari pabriknya yang ada di beberapa titik wilayah Tanah Air nantinya akan dilakukan ekspor ke berbagai Negara. Dimana untuk periode bulan Januari hingga November tahun 2019 kemarin, AHM mengklaim bahwa pihaknya berhasil melakukan ekspor sebanyak 321.620 set komponen sepeda motor Honda (CKD).

Dimana untuk laporan yang dipublikasikan menyebut untuk angka ekspor sepeda motor Honda secara utuh atau biasa disebut dengan CBU telah mencatatkan sebanyak 279.716 unit. Dimana untuk angka tersebut telah memberikan kontribusi sebesar 37,2% terhadap total ekspor sepeda motor CBU, dari pabrikan motor nasional yang saat ini telah mencatatkan total unit sebanyak 750.183.

Untuk tahun 2020 ini jelas saja Honda berharap bisa lebih banyak lagi menggaet konsumen di Indonesia atau mungkin pasar luar Negeri, dikarenakan banyak inovasi baru yang akan dilakukannya. Seperti di awal tahun ini misalnya, dimana beberapa tipe produk andalannya telah mengalami perubahan mesin, komponen, dan yang pasti desain yang lebih stylish, untuk menjadikannya makin berbeda ketimbang generasi sebelumnya.