Honda Ingin Ciptakan Motor Super Charger, Untuk CBR?

Feb 20, 2020 By Astra Motor Category : News

Perusahaan motor asal Jepang yakni Honda, dikabarkan saat ini sedang menyiapkan kendaraan baru lagi yang memiliki nama CBR250RR. Dari kabar yang beredar, Dimana motor terbaru yang disiapkan oleh Honda ini dimaksudkan untuk menandingi Kawasaki Ninja ZX-25R. Dengan peluncuran Ninja 250 cc 4-silinder ini memang menjadi sebuah hal yang mengejutkan. Bagaimana tidak, disaat banyak pabrikan yang sedang berjuang untuk memasarkan motor dengan 2 Silider, malahan pabrikan Kawasaki tersebut justru meluncurkan smartphone dengan mesin 4 silinder dipasaran.

Sementara itu, motor sport pesaingnya yakni Honda CBR250RR maupun Yamaha R25, hingga saat ini masih bertahan dengan pola yang lama. Yang menjadi kabar menarik disini, nantinya Ninja ZX-25R ini bakal menyapa para penggemarnya yang ada di Tanah Air. Hal ini dikonfirmasi dengan adanya unggahan foto motor sport tersebut yang dilakukan oleh pihak APM.

Hal ini cukup wajar, pasalnya pihak Kawasaki Motor Indonesia sendiri juga sudah memberkan kepastian jika mereka bakal memasarkan motor sport terbaru mereka itu. Dan diyakini, kabar ini lah yang akhirnya mencuatkan isu kembali datangnya sang pesaing dari pabrikan Honda yakni CBR250RR. Perlu anda ketahui, jika pabrikan Honda ini memang sedang melakukan penyegaran pada motor CBR seperempat liter miliknya, diyakini bakalan ada tiga fitur yang akan diterapkan kedalam motor sport tersebut.

Sejumlah mengatakan jika bakal ada berbagai pembaruan pada bagian bodinya. Pembaruan ini mulai dari smart key system, quick shifter, assist dan Slipper clutch. Jelas jika hal ini diterapkan oleh Honda pada motor CBR250RR ini, pasalnya komponen tersebut memang belum tersedia saat ini. Jika dibandingkan dengan motor Ninja 250, sejak tahun lalu untuk versi paling tinggi sudah dilengkapi dengan teknologi keyless. Sementara untuk dua fitur lainnya tadi bisa anda temukan pada Ninja dengan mesin 4 silinder.

Nah jika ketiga fitur baru diatas tadi benar diterapkan pada Honda CBR250RR, maka nantinya motor ini kemampuannya bakal setara dengan Ninja 250 cc-4 silinder 2020. Yang menarik lagi, kabarnya perusahaan yang memiliki logo sayap kepak ini nantiny bakal membekalinya dengan Super Charger untuk mendongkrak tenaganya makin ngebut.

Hal ini terlihat jelas pada sketsa, hasil guratan paten milik pabrikan. Dimana pada gambar tersebut bisa kita lihta jika Honda CBR250RR 2020 bakal dibekali dengan fitur Supercharger. Begitupun dengan detail mesinnya, jika dilhat dari bentuknya tersebut sudah dipastikan konstruksinya menggunakan V-Twin engine meskipun masih tetap mengusung 2 silinder. Yang menarik, terkaan mengenai mesin baru yang bakal digunakan pada CBR250RR justru sudah sempat menjadi pembahasan sejak tahun 2015 lalu. Dan sejak saat itu, AHM selaku sang produsen pratis tidak melakukan pengembangan berarti pada motor tersebut.

Lucunya, mereka malah menghadirkan versi paling murah dari CBR250RR pada tahun 2018 lalu. Motor ini pun dijual dengan harga yang lebih bersahabat lantaran tidak menyertakan perangkat ABS. Akan tetapi jika melihat dari kelengkaan Ninja 4 Silinder yang komplit, maka tidak ada cara lain bagi pabrikan Honda untuk benar-benar merealisasikan CBR250RR Supercharger tersebut.

Meskipun nantinya jika motor ini bakal direalisasikan oleh Honda, maka diyakini banderol harga motor ini pun bakal menjulang tinggi dipasaran. Sebagai perbadingan, motor Ninja ZX-25R ini diprediksi harganya bakal fantastis dan bisa jadi sampai ratusan juta. Maka tidak menutup kemungkinan, jika motor Honda CBR250RR ini bakal memiliki banderol harga yang kurang lebih setara. Jadi kita tunggu saja kabar terbaru dari pihak Honda saja nantinya.