Gabungan dari Teknologi ABS yang Dikontrol Secara Elektronik

Apr 19, 2021 By Astra Motor Category : Info

ABS gabungan yang dikontrol secara elektronik adalah sistem pengereman canggih asli Honda untuk sepeda motor yang mengintegrasikan “CBS (rem interlocking roda depan dan belakang)” dan “ABS (sistem pengereman anti-lock)” ke dalam satu sistem.

Dengan mengoperasikan rem depan dan belakang secara seimbang, ini menekan perilaku bodi kendaraan yang besar selama pengereman seperti menukik tajam secara berlebihan, dan mewujudkan pengendaraan yang berkualitas tinggi dan nyaman.

Karakteristik pengereman disetel secara optimal dalam hubungannya dengan “mode berkendara” yang dipilih. Ini adalah sistem yang meningkatkan rasa aman dan memungkinkan untuk menikmati berkendara dengan lebih nyaman.

“Gold Wing” gabungan ABS yang dikontrol secara elektronik

Prinsip operasi ABS

Saat sensor kecepatan roda depan dan belakang mendeteksi adanya kunci di sisi roda depan, tekanan pada kaliper depan disesuaikan dengan membuka dan menutup katup pada saluran hidrolik di dalam modulator, dan kecepatan putaran ban depan dipulihkan.

Saat terdeteksi ada kunci di sisi roda belakang, maka tekanan kaliper belakang akan disesuaikan untuk mengembalikan kecepatan putaran ban belakang.

Prinsip operasi CBS

Gold Wing (model 2018) menggunakan ABS gabungan yang dikontrol secara elektronik.

  • Rem depan

Tekanan dari master silinder rem depan memberi tekanan pada piston atas dan bawah pada kaliper depan. Selain itu, tekanan dari master silinder rem depan dideteksi oleh sensor dan diteruskan ke ECU sebagai sinyal listrik untuk menggerakkan pompa di modulator ABS. Oli yang dihasilkan oleh pompa disalurkan ke kaliper belakang, yang berfungsi sebagai rem pengunci roda depan-belakang.

  • Rem belakang

Setelah mengontrol keseimbangan tekanan depan-belakang dari master silinder rem belakang di dalam modulator, ia beroperasi sebagai rem pengunci roda depan-belakang dengan mengirimkannya ke piston di tengah kaliper depan dan kaliper belakang.

 

Suatu Penjelasan sistem ABS gabungan yang dikontrol secara elektronik

Sayap Emas dilengkapi dengan “mode berkendara khusus pemandangan” yang memungkinkan untuk mengatur untuk menggunakan perasaan saat berkendara sesuai dengan berbagai suasana berkendara dan kondisi permukaan jalan.

Sehingga perasaan rem juga berubah seiring dengan itu. Pada mode tur, eko, dan hujan, perasaan rem aman terwujud, dan dalam mode olahraga, efek awal rem belakang saat mengoperasikan tuas depan disetel tinggi untuk menekan penyelaman hidung yang berlebihan. Efek awal perubahan rem belakang bergantung pada peralihan mode. Tetapi gaya pengereman maksimum saat diremas kuat-kuat tidak berkurang.

 

HSA (Sistem Bantuan Mulai Bukit)

Setelah berhenti di tanjakan, tekan tuas rem dengan cepat dan dalam dan modulator ABS akan menghasilkan tekanan hidrolik pada kaliper rem belakang.

Setelah itu, meskipun tuas rem dilepas saat memulai di lereng, tekanan hidraulik menahan sementara gaya pengereman (sekitar 3 detik) untuk membantu memulai di lereng.

Perlengkapan

  • Dilengkapi dengan velg cast aluminium berdiameter besar 10 spoke berdiameter 17 inci dan rem cakram berbentuk kelopak pada roda depan dan belakang.
  • Gabungan ABS adalah perlengkapan standar sehingga dapat mendeteksi kecepatan setiap roda dengan sensor kecepatan roda yang dipasang di roda depan dan belakang dan secara otomatis mengontrol keefektifan rem untuk mencegah penguncian roda dalam jarak tertentu.
  • Tangki bahan bakar 11L berkapasitas besar yang aman untuk berkendara jarak jauh.
  • Mengukur multifungsi dengan tampilan digital penuh yang menggunakan kristal cair negatif yang menampilkan karakter putih pada dasar hitam.