Ini Dia Fitur Pro-Link Suspension Pada Motor Honda

Aug 27, 2021 By Astra Motor Category : Info

Membahas tentang teknologi pada sepeda motor, Honda memang juaranya. Dan sepertinya Honda memang tidak pernah kehabisan akal dalam melengkapi motor pabrikannya dengan berbagai fitur yang berkelas dan berkualitas, tentunya dengan fitur-fitur unggulan mesin motor Honda semakin membantu anda dalam urusan transportasi sehari-hari.

Kali ini akan membahas fitur Pro-Link Suspension pada motor Honda. Fitur-fitur ini merupakan salah satu hasil pengembangan teknologi yang dimiliki oleh Honda untuk menjamin kualitas kenyamanan anda dalam berkendara terutama pada kondisi jalan yang tidak rata.

Pengertian Fitur Pro-Link Suspension & Benefit

Fitur Pro-Link Suspension adalah sistem peredaman yang lebih progresif dan fleksibel sehingga anda akan tetap merasa nyaman ketika berkendara dalam jarak yang dekat maupun jarak jauh dan dalam kondisi jalan yang rata maupun bergelombang.

Fitur Pro-Link Suspension ini bisa anda sesuaikan tingkat kekerasan dari suspensi belakang menyesuaikan kebutuhan dan kenyamanan anda dalam berkendara. Sistem suspensi ini juga akan mencegah motor anda dari kerusakan akibat gesekan antara body motor, bantalan suspense (rear cushion), serta ABS modulator.

Fitur Pro-Link Suspension

Cara kerja sistem Pro-Link Suspension pada Honda CBR 250R

Berikut adalah diagram mengenai cara kerja Pro-Link Suspension terhadap bantalan suspensi belakang motor Anda:

Secara sederhana, sistem ini berfungsi dengan menyesuaikan antara kinerja bantalan pegas suspensi belakang (cushion arm) dan connecting rod (sebagai penghubung), dengan pergerakan dari rear axle (as) yang terdapat pada velg belakang.

Jarak antara cushion arm dan connecting rod motor anda akan cenderung menyempit ketika posisi rear axle tidak menghasilkan pergerakan yang terlalu signifikan (tidak terkena guncangan), dan sebaliknya akan melebar ketika rear axle bergerak akibat terkena guncangan.

Cara Mengatur Pro-Link Suspension

Bagian clip-on berbentuk seperti cincin pada ujung shock-breaker berfungsi untuk mengatur ketinggian dan ketahanan sistem suspensi belakang motor anda terhadap beban dan guncangan. Dengan cara memutarnya, anda dapat menghasilkan sistem pegas yang lebih keras, sehingga dibutuhkan beban yang lebih berat agar suspensi motor anda dapat bekerja secara efektif. Sangat sesuai digunakan apabila anda berbadan gemuk atau terbiasa membawa beban yang cukup berat saat berkendara.

Untuk mengatur tingkat redaman yang akan dihasilkan oleh suspensi motor anda agar terasa nyaman terutama pada saat terkena guncangan, anda juga dapat menyesuaikannya dengan mengatur jarak pegas pada shockbreaker motor Anda. Apabila Anda merasa guncangan yang dihasilkan masih terlalu kasar (keras), cobalah untuk sedikit mengatur jarak redamnya agar sedikit lebih renggang, begitu juga sebaliknya.

Selain itu, dengan mengatur bagian bawah shockbreaker motor anda, maka karakteristik suspensi motor anda terhadap guncangan akan bervariasi, tergantung kepada bagaimana anda mengaturnya. Meskipun prinsipnya hampir mirip dengan komponen-komponen sebelumnya di atas, namun bagian ini pada akhirnya juga akan berdampak langsung ke connecting rod yang tentunya juga mempengaruhi kinerja suspense motor anda terhadap bagian rear axle yang terdapat pada velg belakang.