Duo Part yang Bisa Buat Honda Vario Makin Nyaman Dikendarai

Feb 20, 2020 By Astra Motor Category : News

Pada tahun 2019 kemarin, penjualan Honda Vario berdampingan dengan BeAT untuk jumlahnya. Dimana untuk hasil tersebut jelas saja memuaskan, lantaran penguasaan pasar yang luar biasa dari Honda dalam pemasaran kendaraan Sepeda Motor. Lebih dari 50 persen telah dikuasainya dari segala jenis, mulai dari matic, sport, hingga manual.

Menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati oleh masyarakat luas, tentu saja kalian sebagai pemilik harus dapat melakukan perawatan dengan baik terhadap kendaraan kalian. Bagi kalian yang memiliki kendaraan Honda Vario, harus rajin-rajin untuk melakukan service sesuai dengan jadwal yang disarankan oleh buku manual atau mungkin dari orang yang lebih paham akan hal tersebut.

Dan masalah yang sering kali di resahkan oleh pengguna Honda Vario yakni suara gredek yang terjadi pada bagian CVT motor matic tersebut. Dimana untuk keadaan yang kurang nyaman ini sering kali kejadian saat motor hendak jalan alias melakukan akselerasi awal. Terlebih jika pengendara langsung menekan gas dengan kuat, maka akan begitu terasa tekanan pada bagian CVT.

Karena untuk bagian yang kurang nyaman tersebut berasal dari bagian CVT, maka jelas saja masalah kejadiannya berada di bagian itu juga. Dan kejadian yang paling sering dialami oleh pengguna yakni terkait kotoran yang sudah menempel cukup banyak pada komponen yang terdapat pada bagian CVT tersebut.

Beberapa mekanik telah berpendapat kalau masalah gredek ini muncul dari rumah kampas ganda yang sudah penuh dengan kotoran. Dimana untuk kotoran yang telah bersarang pada rumah atau mangkuk kampas ganda itu berasal dari kampas ganda itu sendiri. Akan tetapi sebagai pengendara tidak perlu khawatir, sebab ada 2 part yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini agar tidak terulang lagi dalam waktu yang singkat.

Solusi Jadikan CVT Honda Vario Makin Mulus

Untuk kedua part yang dimaksud agar tidak menjadikan Honda Vario mengalami masalah gredek lagi yakni melakukan modifikasi atau mengganti bagian Kampas gandanya dan rumah atau mangkuknya yang digunakan sebagai tempat kampas ganda. Dijelaskan kalau pemilik bisa menggunakan kampas ganda yang digunakan untuk Yamaha NMAX, dimana ini bisa langsung dipasang sama dudukannya sekalian.

Tidak cuman kampas ganda saja, melainkan mangkuk kampas juga perlu dilakukan modifikasi sedikit. Dimana untuk rumah atau mangkuk kampas gandanya dapat dilubangi, hal itu bertujuan agar kotoran yang berasal dari kampas ganda ini ikut terbuang ketika rumah atau mangkunya berputar. Dengan demikian, untuk resiko timbulnya gredek pada kendaraan tidak akan berlangsung dengan cepat, lantaran sebagian besar debu alias kotoran ikut terbuang ketika pengendara menggunakan motor tersebut.

Ketika sudah melakukan pergantian kedua komponen tersebut, ternyata bukan cuman perasaannya saja yang membuat gredek hilang. Memang kampas ganda langsung berasa lebih nyess dan makin nyaman untuk dikendarai. Untuk melakukan akselerasi awal pun juga demikian, dimana terasa lebih mantap tanpa adanya gangguan suara yang berasal dari bagian CVT tersebut.

Syarat Perawatan Metode Baru CVT

Akan tetapi ketika pengendara memutuskan untuk melakukan pergantian kampas ganda dan juga melubangi rumahnya. Ada syarat yang harus dipenuhi oleh pengendara agar Honda Vario semakin terawat dengan baik, sehingga tetap dalam kondisi prima ketika dipacu di jalanan untuk menempuh perjalanan jauh sekalipun.

Untuk syarat yang harus dipenuhi yakni melakukan pembersihan pada bagian CVT dalam jangka waktu 4 sampai 6 bulan sekali. Hal itu bertujuan untuk membersihkan kampas ganda beserta rumahnya secara maksimal, sebab walaupun sudah dilubangi bukan berarti seluruh kotorannya dapat terbuang keluar seluruhnya.