Cara Mencuci Ban Motor yang Benar agar Tidak Merusak Permukaan

Mar 03, 2020 By seoadmin Category : Info

Ban sepeda motor menjadi salah satu bagian dari sepeda motor yang perlu dijaga performa dan penampilannya. Ban yang berwarna hitam seperti pertama kali saat membeli motor tentu akan membuat kendaraanmu jauh lebih keren.

Hanya saja, untuk mencapai hal tersebut tentu diperlukan perawatan ban sepeda motor yang benar. Salah satu perawatan yang harus rutin dilakukan adalah dengan mencuci ban sepeda motor. Cara mencuci yang benar akan membuat tampilan ban kamu lebih awet serta menawan.

Berikut kami tampilkan 4 tips mencuci ban yang tepat untuk kamu agar penampilan sepeda motor kamu menjadi semakin keren dengan ban yang hitam mengkilap.

  1. Gunakan air bersih

Sudah menjadi asumsi umum bahwa mencuci ban motor harus menggunakan air bersih. Kamu bisa menyiram atau menyemprot ban sepeda motormu yang kotor dengan air bersih.

Kamu akan sangat terbantu jika kamu memiliki selang atau kran air yang bisa diatur kecepatan semprotannya. Sehingga, kotoran-kotoran yang menempel di sela-sela atau alur-alur ban bisa rontok dan bersih secara keseluruhan.

  1. Sikat ban sampai bersih

 

Setelah disemprot atau disiram dengan air, ban sepeda motor perlu kamu sikat. Usahakan untuk memilih jenis sikat yang halus sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan pada permukaan ban.

Penggunaan sikat ban ini bisa menjangkau kotoran yang berada di sela-sela atau ukiran ban yang bisa jadi tidak terjangkau oleh semprotan air. Jangan lupa untuk menyikatnya dengan bersih dan usahakan jangan sampai ada kotoran yang tersisa.

Setelah kamu sikat, kamu bisa mengguyur ulang ban sepeda motormu untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel setelah disikat. Baru setelah itu, keringkan dengan menggunakan kain kering atau kanebo.

  1. Gunakan minuman bersoda untuk membersihkan kotoran

Untuk mendapatkan warna ban yang hitam seperti sedia kala, kamu bisa menggunakan minuman bersoda yang tersedia di supermarket.

Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan minuman bersoda pada permukaan ban sepeda motor kamu dengan menggunakan sikat. Usahakan kamu oleskan secara merata pada permukaan ban sepeda motor kamu.

Lalu, tunggu hingga minuman bersoda yang sudah kamu oleskan kering dengan sendirinya. Kamu akan mendapatkan hasil ban yang kembali hitam seperti sedia kala.

  1. Gunakan silikon murni untuk hasil maksimal

Selain menggunakan minuman bersoda, kamu juga bisa menggunakan silikon murni untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal. Mungkin selama ini yang kita tahu semir ban juga terbuat dari silikon. Namun, semir ban tidak terbuat dari silikon murni, pabrik biasanya sudah mencampurnya dengan bahan lain.

Kamu bisa mendapatkan silikon murni ini di toko bahan-bahan kimia. Harganya memang cukup mahal, namun hasilnya akan sangat maksimal. Cara menggunakannya sama seperti ketika menggunakan minuman bersoda.

Penggunaan silikon murni ini tidak hanya membuat ban sepeda motormu menjadi hitam dan mengkilap, namun juga akan memberikan kelembapan yang bagus untuk ban motormu. Sehingga, ban sepeda motormu akan berfungsi dengan baik.

Itu tadi sedikit tips yang bisa kamu terapkan ketika mencuci ban sepeda motormu. Perhatikan dengan baik tips di atas ya, jangan sampai sembarangan dalam mencuci ban sepeda motor kamu agar tidak hanya penampilannya yang keren tapi fungsinya juga bisa berjalan dengan baik. Kalau sampai salah bisa jadi bukan keren justru jadi bahaya untuk kamu sendiri.