Bagaimana Sistem Airbag Sepeda Motor Honda Pertama Kali Di Dunia?

Apr 21, 2021 By Astra Motor Category : Info

Sistem Airbag Sepeda Motor Honda ini bertindak sebagai bantalan untuk melemahkan momentum dalam tabrakan frontal di mana pengendara terlempar ke depan.

Dikembangkan dengan memverifikasi data kecelakaan aktual

Korban kecelakaan sepeda, akibat tabrakan dari depan, pengendara terlempar ke depan, terbentur hebat dengan pasangan mobil dan permukaan jalan.

Seperti cedera dari analisa data kecelakaan yang dalam banyak kasus, “untuk menjaga momentum pada saat dibuang ” yang digunakan sebagai airbag untuk sepeda motor.

Kecerdasan unik pada airbag sepeda motor Honda

  1. Untuk sepeda motor, tidak ada bagian belakang yang menopang kantung udara dengan kuat. Karenanya, Honda memasang sabuk ke airbag dan menyambungkannya ke bodi mobil agar airbag bisa tertopang dengan kuat meski tidak ada penyangga di bagian belakang.
  2. Postur sepeda motor cenderung berubah tergantung pada sudut tumbukan, dan keadaan saat tabrakan juga berubah dengan berbagai cara.

Oleh karena itu, Honda telah melakukan banyak uji tabrakan dengan menambahkan kondisi uji sendiri ke uji tabrakan kendaraan sebenarnya yang ditentukan oleh standar internasional menggunakan dummy khusus sepeda motor.

Selain itu, berbagai kondisi tabrakan dianalisis dengan simulasi komputer yang mereproduksi tabrakan dengan akurasi tinggi.

Hasilnya, Honda telah mengembangkan kantung udara berbentuk V besar yang dapat menerima pengendara dengan lebih stabil.

Pada tahun 2005, Honda mengumumkan teknologi kantung udara sepeda motor yang diproduksi secara massal, dan pada tahun 2006, Honda meluncurkan air bag dengan Sayap Emas pertama di dunia yang dilengkapi dengan kantung udara sepeda motor.

Sejauh Perkembangan Air Bag

Honda telah mengembangkan “sistem airbag untuk sepeda motor” pertama di dunia untuk sepeda motor yang diproduksi secara massal, yang mengurangi cedera pengendara jika terjadi tabrakan depan sepeda motor.

Sistem airbag sepeda motor yang baru dikembangkan akan dipasang di “Gold Wing” baru, yang dijadwalkan akan dirilis di Amerika Serikat pada pertengahan 2006.

Sistem kantung udara kendaraan roda dua mencakup modul kantung udara yang menampung badan kantung udara dan inflator yang memasok gas untuk penyebaran.

Sensor percepatan yang mendeteksi benturan, dan ECU kantung udara (unit kontrol elektronik) yang melakukan pemrosesan kalkulasi untuk deteksi tabrakan.

Jika terjadi tabrakan frontal, empat sensor percepatan yang dipasang di garpu depan mendeteksi percepatan benturan, mengirim data percepatan ke ECU kantung udara, dan berdasarkan data tersebut, langsung menentukan apakah kantung udara perlu diaktifkan atau tidak. ..

Ketika operasi diperlukan, arus pengapian dikirim ke inflator, dan inflator bereaksi seketika untuk menghasilkan gas untuk penyebaran kantung udara untuk menyebarkan badan kantung udara.

Airbag yang dipasang dalam waktu sangat singkat dari deteksi percepatan benturan akselerometer menyerap energi kinetik di depan pengendara dan menekan kecepatan berangkat dari kendaraan roda dua, sehingga pengendara berdampak pada kendaraan lawan atau jalan raya. permukaan dll.

 

Info Penting

Sistem air bag sepeda motor hanya beroperasi saat merasakan benturan parah dari depan yang melebihi nilai yang ditetapkan. Pada dasarnya, ini tidak berfungsi jika terjadi tabrakan dari samping atau belakang, atau jatuh.

Karena berbagai faktor yang terlibat dalam tabrakan, cedera pengendara mungkin tidak dapat dikurangi meskipun kantung udara diaktifkan, seperti tabrakan dari depan secara diagonal atau tabrakan yang menyebabkan kendaraan menyelinap ke dalam truk.

Selain itu, dapat beroperasi saat roda depan jatuh ke dalam lubang atau alur yang dalam atau bertabrakan dengan trotoar dan terjadi benturan yang parah.