Aksesoris Motor yang Wajib Dihindari saat Musim Hujan

Jan 22, 2020 By Astra Motor Category : Info

Musim hujan datang lebih cepat. Tentu saja anda sebagai pengendara motor harus berhati-hati dan juga siap-siap. Agar saat berkendara jalan dapat berlangsung dengan lebih aman. Pengingat ketika musim hujan tiba cukup banyak pengendara yang harus mengalami musibah, seperti jatuh dari motor ataupun terpeleset. Karena jalanan yang cukup licin. Begitu pun dengan beberapa aksesoris motor yang harus anda tinggalkan ketika musim hujan sedang tiba apa saja.

  1. Ban

Aksesoris pertama yang dilakukan atau digunakan, untuk mengatasi kemungkinan terjadinya terpeleset atau kondisi yang tidak diinginkan saat musim hujan tiba yaitu ukuran ban yang kecil. Mengganti ukuran ban yang lebih kecil dan tidak sesuai dengan ukuran dari ban pabrik.

Memang terkadang memiliki kondisi yang lebih menarik dibandingkan dengan bahan yang ada dan digunakan dari pabrik. Namun tahukah anda bahwa hal tersebut, sangatlah berbahaya. Karena ketika musim hujan tiba.

  1. Grip Stang

Selanjutnya aksesoris yang harus anda tinggalkan ketika musim hujan tiba adalah grip stang berbahan logam. Aksesoris motor yang satu ini tidak boleh anda pilih ketika sedang musim hujan karena sangat berbahaya grip stang berbahan logam ini, bisa membuat anda merasa sulit untuk mengendalikan stang dan juga terlalu licin.

Walaupun sebenarnya secara penampilan grup ini memang sangat keren dan juga memiliki ekor yang luar biasa bagus. Alasan inilah yang menyebabkan beberapa orang seringkali tidak menggunakan grip stang. Ketika mereka memutuskan untuk menggunakan motor di musim hujan. Maka baiknya jika anda kembali menggunakan produk pabrik ketika musim hujan tiba.

  1. Lampu Warna Putih

Ketiga aksesoris yang harus anda hindari saat musim hujan tiba yaitu lampu warna putih tentu anda tahu bahwa menggunakan lampu warna putih. Ketika musim hujan sangat berbahaya karena bisa saja menyilaukan mata dan juga mengganggu banyak pengendara lain saat hujan lebat.

Lampu ini tidak dapat menembus air dan juga kabut. Sehingga sangat berbahaya jika dipaksakan untuk dipasangkan ke sebuah motor lampu warna putih, memang sangat bagus. Ketika cuaca sedang kering namun tidak ketika kabut dan hujan deras melanda.

  1. Spakbor motor

Selanjutnya salah satu aksesoris ataupun bagian motor yang harus dilepaskan ketika anda sedang berkendara di musim hujan yang lebat yaitu spakbor belakang variasi. Mungkin ketika sedang tidak musim hujan spakbor ini menjadi andalan banyak para pengendara. Karena dianggap sangat keren dan juga bagus untuk digunakan.

Selain itu penggunaan spakbor saat musim hujan juga menyebabkan bahaya bagi pengendara lain, jika tidak sesuai standar pabrik.

  1. Suspense Kaku

Lainnya harus dihindari apabila musim hujan telah tiba dan ada masuk ke dalam salah satu orang yang masih berkendara di musim hujan yaitu suspensi kaku atau yang direndahkan. Mungkin bagi sebagian orang suspensi kaku ini terbilang keren namun secara tidak langsung.

Apabila anda menggunakannya ketika musim hujan akan sangat berbahaya, karena suspensi ini bertujuan untuk menambah kecepatan ketika kendaraan berjalan. Hal ini berbahaya karena ketika musim hujan motor lebih sulit dikendalikan dan juga rem tidak terlalu tajam saat musim panas atau penggunaan kendaraan seperti biasa.

Adanya genangan akan menyebabkan motor anda mengalami masalah dan terhambat. Karena adanya suspensi ini anda tidak pernah tahu apakah lubang tersebut cukup dalam atau tidak. Nantinya sesuai suspensi yang tidak ber standar akan merusak body motor karena menghajar lubang tersebut.