Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor yang Retak

Jul 06, 2020 By Astra Motor Category : Info

Velg motor yang retak masih menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para pemilik kendaraan. Sayangnya, tak banyak orang yang tahu cara memperbaikinya. Beberapa orang lebih memilih untuk mengganti velg motor yang retak dengan yang baru. Padahal, jika mau mengeluarkan sedikit usaha lebih keras, kamu bisa memperbaiki velg motormu yang retak dengan mengeluarkan dana yang sedikit lebih murah dibanding menggantinya dengan yang baru.

Retakan pada velg sering terjadi biasanya disebabkan oleh perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh. Maupun hantaman yang keras saat digunakan berkendara. Nah, untuk memperbaikinya kamu bisa menyimak artikel berikut ini lebih lengkap.

Cara mudah memperbaiki velg motor yang retak

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetahui jenis velg yang digunakan pada kendaraan bermotormu. Biasanya velg bawaan pabrik motor memang teksturnya lebih keras. Sedangkan teksturnya lebih lunak ada di velg variasi, nah velg variasi inilah yang mudah untuk ditangani.

Untuk memperbaikinya, kamu bisa melakukan penge-press-an terlebih dahulu dan membuatnya lebih presisi. Langkah selanjutnya, kamu bisa merapikannya dengan lem atau dempul untuk menutupi pori-pori retakan yang sempat terbuka karena retakan. Kamu juga harus mengakhirnya dengan las manual agar dapat tersambungkan kembali.

Dengan demikian, velg motormu pun akan jauh lebih kuat saat digunakan berkendara. Namun, sayangnya meskipun penampilan velg sudah cantik dan seperti baru lagi, kekuatan dari velg yang retak tidak bisa sekuat dulu lagi.

Cara menjaga kondisi velg motor agar tetap baik

Setelah mengetahui bagiamana cara memperbaiki velg motor yang retak. Sekarang saatnya kamu mengetahui cara menjaga kondisi velg motormu agar tetap prima meskipun sering digunakan untuk berkendara.

Karena seperti yang kita ketahui, velg merupakan salah satu komponen yang krusial pada motor dan harus dijaga kondisinya. Velg yang memiliki kondisi kurang baik tentu akan mempengaruhi kualitas berkendaramu selama di jalan bahkan dapat menyebabkan celaka.

Untuk itu, perlu dilakukan perhatian lebih sekaligus perawatan yang intensif untuk memperpanjang usia pakainya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi velg motormu.

  1. Menjaga kebersihan velg motor

Cara yang pertama ini tentunya paling mudah untuk dilakukan karena kamu hanya perlu membersihkan velg motor dengan rutin agar menjaganya tetap dalam kondisi yang baik. Karena velg yang kotor dapat mengalami karatan sewaktu-waktu. Terlebih saat di musim penghujan. Di mana air hujan yang mengandung asam seringkali menempel pada komponen-komponen motor yang terbuat dari besi.

Jika tidak segera dibersihkan, ini akan memicu timbulnya karatan yang lebih parah. Bahkan dapat mencapai bagian dalam velg motormu juga, lho.

  1. Menghindari jalan yang berlubang

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, velg motor yang retak bisa disebabka karena benturan keras pada saat berkendara. Benturan ini sering terjadi karena kita melewati jalanan berlubang. Terlebih jika saat itu kita berkendara dengan kecepatan tinggi. Maka kemungkinan velg motormu retak pun akan jauh lebih tinggi.

Untuk itu, hindarilah berkendara di jalanan yang berlubang. Jika memang terpaksa harus melewatinya, sebaiknya pelankan kecepatan berkendaramu agar jauh lebih aman. Sehingga benturan yang akan terjadi pun lebih pelan dan tidak menimbulkan efek samping apapun pada komponen motormu.

  1. Setel velg motor secara berkala

Dan yang terakhir yaitu dengan setel velg motor. Penyetelan secara berkala ini sangat berguna untuk membuat velg tetap nyaman. Penyetelan ini sangat wajib dilakukan untuk velg motor dengan jenis jari-jari agar jari-jari kembali kokoh. Kamu bisa melakukan penyetelan setidaknya 6 bulan sekali, karena memang tidak perlu dilakukan terlalu sering.

Itulah tadi cara memperbaiki dan merawat velg motor yang bisa kamu lakukan. Tak perlu modal besar untuk merawatnya. Hanya dengan perhatian lebih kamu bisa menjaga ketahanan dari komponen motormu yang satu ini. Selamat mencoba!