7 Langkah Tepat Membersihkan Rantai Motor

Jul 23, 2020 By Astra Motor Category : Uncategorized

Rantai merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Alat yang satu ini berfungsi sebagai penerus putaran mesin ke roda belakang, yang menyebabkan roda belakang berputar dan kemudian memberikan dorongan sehingga kendaraan dapat berjalan.

Jadi bisa bayangkan bagaimana jadinya sebuah motor tanpa rantai? Yup, sebuah motor tidak akan berjalan tanpa perangkat yang satu ini. Maka dari itu, meski keberadaannya jarang diperhatikan, namun sebagai pemilik kendaraan kamu tetap harus membersihkan serta merawatnya.

Rantai yang tak terawat bisa saja putus tiba-tiba saat digunakan berkendara. Tentu hal ini akan sangat berbahaya apabila terjadi ketika kamu berkendara di tengah jalan raya. Untuk itu, pastikan kamu selalu memberikan perawatan yang terbaik pada rantai motormu dan senantiasa membersihkannya.

Berikut beberapa cara membersihkan rantai motor yang bisa kamu coba terapkan sendiri di rumah. Tak perlu repot-repot lagi ke bengkel, ya!

Cara Tepat Membersihkan Rantai Motor

  1. Ketahui jenis rantai yang digunakan pada motor

Pada dasarnya, rantai motor terdiri dari dua jenis yakni: rantai motor standar atau biasa dan rantai motor o-ring. Untuk membersihkan rantai motor standar biasanya jauh lebih mudah dibandingkan rantai o-ring.

Hal ini dikarenakan, pada rantai o-ring kita harus berhati-hati karena material yang digunakan untuk menyambungkan antar mata rantai terbuat dari karet. Sedangkan pada rantai standar kamu tidak perlu khawatir saat membersihkannya karena ia terbuat dari logam yang kuat.

  1. Bersihkan rantai sesaat setelah digunakan

Cara paling mudah membersihkan rantai adalah ketika motor baru saja digunakan. Rantai yang baru saja dibawa berkendara biasanya akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Selain itu, pastikan kamu memarkirkan motormu dengan standar tengah. Ini akan memudahkanmu dalam memberikan perawatan pada rantai motor secara menyeluruh.

  1. Cek kondisi rantai

Setelah distandarkan tengah, kamu bisa mengecek kondisi rantai motormu secara menyeluruh. Cek lagi apakah rantai motormu masih dalam kondisi yang baik atau malah sudah aus?

Cara mudah mengecek kondisi rantai sudah aus atau belum adalah dengan menggoyang-goyangkannya ke kanan dan ke kiri, kemudian menariknya ke belakang. Jika dirasa terlalu kendur, artinya rantai motormu sudah aus dan lebih baik diganti.

  1. Gunakan spray khusus rantai motor

Jangan menggunakan cairan sembarangan untuk membersihkan bagian pada rantai motor. Salah-salah justru bisa membuat usia rantaimu tidak awet.

Gunakanlah cairan khusus pembersih rantai motor. Kamu bisa mendapatkan produk ini di toko-toko otomotif. Dengan spray atau cairan ini, kamu akan jauh lebih mudah membersihkannya. Termasuk rantai yang berkarat maupun yang memiliki banyak kotoran membandel di sekitarnya.

  1. Gosok bersih dengan sikat gigi

Kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk menggosok bagian rantai motor yang sebelumnya sudah disemprot oleh cairan pembersih. Pastikan kamu menggosoknya dengan perlahan dan jangan sampai merusak komponen pada rantai motor.

  1. Bilas rantai dengan air bersih

Setelah kamu selesai menyikati rantai motor yang semula kotor. Kini saatnya kamu membasuh seluruh bagian rantai tersebut dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan semprotan untuk membersihkan permukaan pada rantai agar semua kotoran yang semula disikati rontok.

  1. Olesi dengan chain lube

Setelah semua langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan. Kini saatnya kamu melumasi rantai motormu dengan chain lube atau pelumas. Jangan sembarang menggunakan pelumas, ya.

Pastikan kamu menggunakan pelumas yang benar-benar dikhususkan untuk rantai motor. Hindari juga menggunakan oli bekas sebab hal ini juga dapat memicu kerusakan dan membuat rantai motormu kotor kembali. Karena pada oli bekas terkandung kotoran-kotoran dari hasil pembakaran mesin.