5 Tips Postur Berkendara Motor Yang Baik Dan Ideal

Mar 08, 2021 By Astra Motor Category : Info

Berkendara menggunakan sepeda motor tentu memiliki cara tersendiri. Hal khusus ketika berkendara dengan sepeda motor adalah posisi tubuh yang baik dan sesuai. Anda harus memastikan bahwa seluruh postur tubuh Anda sudah cukup ideal sesuai dengan standar dalam berkendara. Dengan demikian kualitas Anda dalam berkendara di jalan akan lebih maksimal. Postur tubuh yang ideal ini juga  memungkinkan Anda nyaman dan tidak mudah kelelahan.

Pada artikel berikut ini, kami akan membahas informasi 5 Tips Postur Berkendara Motor Yang Baik Dan Ideal yang disarankan para ahli. Penasaran posisi ideal seperti apa yang direkomendasikan? Simak ulasannya berikut ini.

Postur Berkendara Motor yang Baik dan Ideal

1. Pandangan Fokus Ke Depan

Postur pertama yang perlu Anda perhatikan adalah pandangan mata lurus ke depan. Pastikan Anda fokus pada jalanan yang ada di depan Anda dan hindari menyetir sambil memainkan hp. Hal tersebut karena bisa membahayakan kesalamatan diri Anda dan juga pengendara di belakang Anda.

Lihatlah kondisi jalanan yang ada di depan Anda, sehingga ketika Anda tengah berkendara dan kendaraan di depan Anda melakukan pengereman mendadak maka Anda bisa mengantisipasinya. Jika Anda fokus maka Anda bisa sigap melakukan pengereman. Namun jika Anda tidak fokus, maka risiko kecelakaan bisa mungkin terjadi.

2. Kondisi Bahu Rileks dan Tetap Tenang

Tetaplah tenang dalam menikmati perjalanan Anda, tidak perlu tegang ketika berkendara. Pastikan pula punggung dalam kondisi yang tegak dan tidak membungkuk. Posisi membungkuk sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat Anda lebih cepat pegal dan lelah. Selain, dengan posisi duduk yang tegak dan lurus juga akan menghindarkan Anda dari risiko sakit punggung.

3. Pastikan Telapak Tangan Memegang Kendali Penuh

Telapak dan jari tangan perlu memegang kendali penuh mulai dari gas motor, rem hingga tombol-tombol yang ada di kemudi. Selain itu, pastikan bahwa Anda memegang erat kendali stang motor agar tidak mudah jatuh dan tetap dalam kondisi yang seimbang.

4. Perhatikan Posisi Pinggul Agar Nyaman Berkendara

Selanjutnya agar memperhatikan posisi pinggul mengingat bagian tubuh ini rentan mengalami pegal bahkan cidera saat digunakan duduk dan berkendara cukup lama. Terutama jika medan jalanan yang Anda lewati ini kurang rata, sudah pasti pinggul Anda lebih cepat pegal.

5. Posisi Kaki Yang Ideal

Terakhir, Anda harus perhatikan posisi kaki yang ideal. Baik pengendara maupun penumpang pada motor memiliki posisi kakinya masing-masing. Untuk itu jika Anda yang mengemudi kendaraan, pastikan Anda mengendalikan kaki secra keseluruhan. Begitupun dengan penumpang memiliki posisi kakinya masing-masing di belakang.

Ketahui kapan Anda harus menambahkan gigi dan kapan harus mengurangi kecepatan gigi. Selain itu, jika motor yang Anda kendarai adalah motor non-matic, perhatikan juga penggunaan rem kaki untuk mengurangi kecepatan, hal ini untuk menghindari risiko kecelakaan.

Demikianlah 5 Tips Postur Berkendara Motor Yang Baik Dan Ideal bagi pengendara sepeda motor.  Dari beberapa tips diatas, sudahkan Anda menerapkan dalam berkendara sehari-hari? Jika belum, Anda bisa menerapkan tips diatas dan mulai ikuti postur tubuh ideal untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman. Dengan tips diatas Selain dapat membuat pengalaman berkendara Anda jauh lebih nyaman dan menyenangkan, posisi tubuh yang ideal juga menghindarkan Anda dari risiko-risiko berkendara seperti terkilir, pegal dan lain-lain. Happy safe driving everyone!