Jangan Beli Motor Bebek Sebelum Anda Mengetahui Kelebihan dan Kekurangannya!

Mar 16, 2021 By Astra Motor Category : Info

Kemacetan yang sudah jamak terjadi dimana-mana, ditambah dengan kondisi perumahan saat ini yang sebagian besar tidak dilengkapi dengan garasi karena minimnya lahan, menjadikan banyak orang lebih memilih motor sebagai kendaraan harian. Bahkan berdasarkan penelitian, negara kita menduduki peringkat ketiga mengenai kepemilikan sepeda motor di setiap rumah.

Pada masanya, motor bebek pernah merajai penjualan motor di Indonesia. Bentuknya yang mudah digunakan baik laki-laki maupun perempuan menjadikan motor ini pilihan utama sebgai motor keluarga. Saat ini ada motor matik yang lebih mudah digunakan dan mulai menjadi pilihan para pengguna motor.

Di tengah popularitas motor matik, ternyata motor bebek juga tidak kehilangan penggemar. Pasalnya, pabrikan motor juga terus berinovasi degan memberikan banyak pilihan tipe dan model motor bebek agar mampu bersaing di pasaran.

Bagi Anda yang masih bingung atau ragu untuk membeli motor bebek, Anda bisa menyimak beberapa kelebihan dan kekurangan motor bebek sebagai berikut.

Kelebihan Motor Bebek

Berikut ini adalah beberapa keunggulan motor bebek secara umum.

1. Akselerasi Lebih Nyaman

Motor bebek dilengkapi dengan fitur kopling, fitur ini menjadikan akselerasi sepeda motor bebek lebih halus dan cepat ketimbang motor matik. Sistem akselerasi ini menjadikan motor bebek lebih responsif dalam menyesuaikan kecepatan dengan putaran mesin pada masing-masing gigi. Hal ini sangat menguntungkan bagi para pengguna yang membutuhkan efisiensi waktu saat berkendara, motor bebek juga lebih cocok untuk jalanan curam, seeperti di pegunungan.

2. Motor Bebek Lebih Irit Bahan Bakar

Karena pengaturan kecepatan dilakukan oleh fitur akselerasi gigi dan kopling maka proses pembakaran mesin pada motor bebek menjadi lebih efisien. Berbeda dengan motor matik yang menggunakan putaran gas lebih banyak dan menghasilkan pembakaran yang tidak efisien. Hal ini menjadikan motor bebek lebih irit dalam menggunakan bahan bakar dibandingkan dengan motor matik.

3. Suku Cadang Motor Bebek Lebih Mudah Didapatkan

Sebenarnya jika ditinjau dari kesediaan di pasaran motor matik dan motor bebek sama-sama memiliki ketersediaan suku cadang yang cukup. Namun kelebihan motor bebek dibanding dengan motor matik yang memiliki rangkaian yang saling tersambung, motor bebek lebih menyerupai bongkar pasang. Sehingga satu suku cadang bisa dipakai di motor yang berbeda asalkan memiliki bentuk dan nuansa yang serupa.

4. Harga Motor Bebek Lebih Murah Dibandingkan dengan Motor Matik

Mungkin karena teknologi yang digunakan berbeda dan komponen mesin yang menyatu sehingga harus diproduksi per tipe menjadikan harga jual motor matik lebih mahal dibandingkan dengan motor bebek. Sebagai contoh motor keluaran Honda dengan harga paling murah di masing-masing model memiliki selisih lebih dari satu juta. Motor matik Spacy CW FI dipasaran seharga 14,4 juta, sedangkan motor bebek New Revo FI Fit hanya dibanderol di harga 13,1 juta.

Kelemahan Motor Bebek

Sementara itu, berikut ini adalah beberapa kekurangan motor bebek yang perlu Anda ketahui.

1. Sulit Dikendarai

Poin ini berlaku untuk pemula. Bagi pengendara yang masih pemula fitur kopling yang merupakan faktor plus dalam akselerasi dan iritnya bahan bakar menjadi hal yang sangat mengganggu. Karena mengganti gigi sambil berusaha menyeimbangkan sepeda motor dalam keadaan melaju bukanlah hal yang mudah bagi pengendara pemula.

2. Melelahkan saat Macet

Bagi pengendara motor matik anda dapat mengistirahatkan tangan dan kaki saat menghadapi kemacetan. Berkebalikan dengan pengendara motor bebek kaki harus siap sedia menekan kopling untuk mengganti gigi, muntuk enyesuaikan kekuatan mesin dengan jarak pendek-pendek yang dilalui saat macet. Jika motor bebek yang dikendarai tidak memiliki fitur kopling, kaki Anda tetap harus mengganti gigi setiap kali kamu berhenti dan jalan.

Dengan indormasi kelebihan dan kekurangan motor bebek ini menjadikan Anda lebih mudah menentukan motor apa yang akan anda pilih sesuai dengan medan tempuh harian.