5 Tips Berkendara Motor dengan Aman dan Nyaman di Masa Pandemi COVID-19

Mar 08, 2021 By Astra Motor Category : Info

Kemunculan virus corona yang menyebabkan wabah pandemi COVID-19 termasuk di Indonesia sejak bulan Maret menimbulkan banyak ketakutan dan kekhawatiran dalam berbagai hal. Salah satunya adalah ketakutan saat bepergian. Berbagai solusi pencegahan juga sudah dilakukan oleh pemerintah demi upaya menekan angka penularan terhadap virus ini.

Salah satu kebijakan pemerintah untuk menekan angka penularan adalah membuat sejumlah protokol kesehatan yang wajib dipatuhi antara lain wajib menggunakan masker dan social distancing atau memberikan jarak minimal 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain. Banyak orang kemudian bertanya-tanya bagaimana cara menjaga social distancing saat kita bepergian ataupun saat bepergian terutama saat berkendara dengan sepeda motor.

Tips Aman Berkendara Motor di Masa Pandemi

Artikel kali ini akan membahas dan memberikan solusi kepada Anda para biker bagaimana cara agar tetap aman berkendara ditengah pandemi COVID-19 yang masih belum selesai hingga saat ini. Tips berkendara motor dengan aman saat pandemi adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Anda Berkendara dalam Keadaan Sehat dan Fit

Sebelum memutuskan bepergian dengan menggunakan kendaraan roda dua terlebih di masa pandemi ini, hal pertama yang wajib Anda pastikan adalah Anda dalam kondisi sehat dan fit. Karena seperti yang telah diketahui virus corona lebih mudah menyerang saat kondisi tubuh lelah dan imunitas menurun.

Saat terasa kurang enak badan, pusing atau gejala flu ringan sebaiknya Anda istirahat dan tidak bepergian dahulu. Karena sekalipun sudah dijaga sedemikian rupa terkadang kontak fisik atau kontak dengan benda terkontaminasi sulit untuk dihindari. Kedua hal ini akan menjadi jalan masuk bagi virus dan bakteri, tidak hanya virus corona.

2. Biasakan Menggunakan Perlengkapan Berkendara dengan Baik dan Benar

Perlengkapan safety riding yang cenderung tertutup seperti celana panjang, jaket, sarung tangan, sepatu dan tentu saja helm akan sangat membantu anda meminimalisir kontak fisik. Terlebih di masa pandemi ini, ada baiknya Anda selalu menggunakan perlengkapan safety riding dengan sempurna. Persiapan yang matang dan keamanan maksimal membuat perjalanan berkendara anda menjadi lebih tenang.

3. Selalu Gunakan Masker saat Berkendara

Saat pandemi seperti ini memakai masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib dipatuhi. Masker wajib dipakai saat anda bekontak dengan seseorang atau saat berada di tempat umum termasuk saat berkendara menggunakan motor.

Saat mengendarai motor, selain berguna untuk melindungi Anda dari paparan virus yang sedang mewabah. Penggunaan masker juga sangat membantu untuk menghalangi debu dan polusi terhirup dan masuk ke paru-paru, juga meredam hembusan angin yang terlalu kencang sehingga tidah mengganggu pernapasan. Jadi ada baiknya membiasakan diri menggunakn masker saat berkendara sekalipun sudah tidak masa pandemi.

4. Selalu Sediakan Hand Sanitizer di Tas atau Jok Motor

Salah satu cara penularan covid-19 adalah melalui media yang tersentuh oleh tangan, karena viru akan menempel pada benda dan hidup selama beberapa waktu pada permukaan benda tersebut. Pemerintah menganjurkan untuk lebih sering cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer untuk mengurangi risiko penularan.

Saat berkendara Anda juga harus sedia hand sanitizer, gunakan sebelum berkendara karena kemungkinan anda memegang benda-benda terkontaminasi atau motor anda yang terkontaminasi melalui sentuhan misalnya tukang parkir terlebih setelah parkir di tempat umum seperti swalayan atau kantor.

5. Jaga Jarak Aman dengan Pengendara Motor Lain

Jarak aman sesuai dengan anjuran pemerintah adalah 1 meter. Dengan adanya aturan tersebut, poin yang terakhir ini tampaknya sangat sulit dilakukan. Terlebih saat jalanan macet atau saat lampu merah. Sebagai tindak lanjut saat ini sudah umum dijumpai lampu merah dengan tanda berhenti kendaraan, Anda sebaiknya berhenti pada tempat yang disediakan agar tetap bisa enjaga jarak aman.

Untuk menghindari kemacetan, Anda bisa memilih jalan yang lebih sepi atau berangkat lebih awal sebelum jam adat lalu lintas. Kedua hal ini terlihat merepotkan, namun demi kesehatan tentu saja hal ini menjadi sebanding dan layak untuk dilakukan.

Semoga saja berbagai tips berkendara di saat pandemi yang telah dijabarkan di atas akan dapat membantu mengurangi kecemasan Anda saat bepergian dengan motor.