7 Tips Merawat Honda PCX Agar Tetap Prima

Jul 06, 2020 By Astra Motor Category : Info

Motor matic memang sangat digandrungi oleh masyarakat, oleh karena itu brand motor berlomba lomba untuk membuat dan memproduksi berbagai seri motor matic yang selalu laris dipasaran. Salah satunya adalah pabrikan Honda yang telah memproduksi setidaknya 6 seri motor dengan berbagai varian. Dengan banyaknya variasi itu, harga yang yang ditawarkan pun juga beragam mulai dari yang terjangkau hingga yang premium untuk kalangan menengah ke atas juga ada.

Salah satu motor matic premium yang ditawarkan oleh Honda adalah seri Honda PCX yang dibanderol mulai dari kisaran 28 juta hingga ada juga seri Honda PCX Hybrid yang harganya mencapai 40 juta.

Memiliki motor premium, tentu kamu juga pasti menginginkan performa yang premium. Hal ini tentu hanya bisa kamu dapatkan jika kamu merawat kendaraanmu. Baik baru ataupun bekas, nyatanya perawatan tetap diperlukan agar kendaraanmu tetaplah awet dan performanya dapat lebih terjaga. Oleh karena itu, simaklah merangkuman tips ampuh merawat Honda PCX dibawah ini.

7 Tips Merawat Honda PCX Agar Tetap Prima

 

1. Rutin panaskan mesin motor setiap pagi

 

Pagi hari setiap sebelum berangkat kerja, kuliah atau beraktivitas apapun, kamu perlu menghangatkan mesin motor matic injeksimu terlebih dahulu. Kamu bisa melakukannya dengan cara menghidupkan motormu dalam keadaan idle sepanjang 3-5 menit. Hal ini berfungsi agar oli merata pada semua komponen mesin sehingga motor telah dalam kondisi maksimal sebelum dibawa berkendara.

 

2. Gantilah oli secara berkala

 

Rutin mengganti oli merupakan salah satu perawatan paling penting untuk motor matic injeksi seperti Honda PCX. Oleh karena itu, kamu perlu mengganti oli transmisi matic secara berkala. Biasanya jadwal pergantian oli dilakukan setiap 1000 km dan pada oli transmisi motor maksimal ketika motor mencapai 5000 km. kamu juga bisa melakukan penggantian oli setiap 2 sampai 3 bulan sekali jika lupa acuan kilometer saat terakhir mengganti olimu. Dan jangan lupa juga untuk gunakan oli  yang sesuai dengan motor matic-mu, ya.

 

3. Stalbilkan kecepatan gas

 

Pada saat naik motor matic injeksi, usahakan untuk menstabilkan kecepatan gas. Kebiasaan untuk menggeber atau gas throttle terlalu cepat dalam waktu singkat atau melepas putaran gas dengan gerakan yang cepat merupakan kebiasan yang buruk. Hal tersebut bisa mempengaruhi mesin yang pada akhirnya akan mengakibatkan rusaknya sebagian komponen mesin jika dilakukan secara terus menerus.

 

4. Lakukan perawatan pada aki

 

Mengecek kondisi aki yang berada pada motor matic tidaklah mudah sehingga membuat hampir setiap pengguna motor matic pernah mengalami yang namanya mati aki. Pasti menjengkelkan bukan jika saat ingin menghidupkan motor harus selalu melakukan kick starter yang akan menghabiskan tenagamu jika harus dilakukan berkali kali. Oleh karena itu, perhatikan secara berkala kondisi busi dan juga aki motor Honda PCX milikmu untuk mengetahui jika ada kerusakan yang terjadi pada kedua komponen tersebut. 

 

5. Cek kondisi vanbelt dan roller

 

Kamu dianjurkan untuk rutin dalam mengecek situasi vanbelt dan roller sekurang-kurangnya 1 bulan sekali untuk mengetahui kondisi kedua komponen itu. Vanbelt yang terbuat dari material karet dikhawatirkan bisa saja putus di tengah jalan yang akan mengakibatkan motor terhenti dan tidak dapat berjalan. Hal ini tentunya dapat membahayakanmu saat berkendara. 

 

6. Jangan sampai kehabisan bensin dan gunakan bensin berkualitas

 

Dalam menggunakan motor, terkadang ada pengguna lalai yang lupa mengisi bensin sehingga bensin habis dan  mengakibatkan motor matic berhenti di jalan. Kehabisan bensin pada motor matic injeksi dapat merusak mesin motor, oleh karena itu usahakan untuk selalu mengecek indikator bensin di motormu untuk mengetahui apakah bensinmu masih cukup untuk perjalanan yang kamu lakukan.

Dan jangan lupa juga untuk menggunakan bensin yang berkualitas. Belilah bensin di SPBU atau tempat penjual bensin yang memang sudah terpercaya, sebab bisa saja bensin yang dijual adalah bensin campuran yang akan mempengaruhi kualitas mesin motormu.

 

7. Service secara rutin di bengkel

 

Perawatan yang dilakukan pada service motor matic berkala biasanya meliputi penggantian oli, pembersihan karburator dan juga setting motor. Sebaiknya lakukan service motor secara berkala kurang lebih setiap 3 bulan sekali agar performa Honda PCX milikmu tetap terjaga. Lebih disarankan bagi kamu untuk melakukan service pada bengkel resmi Honda agar kamu juga bisa menanyakan kelayakan aki, vanbelt  dan juga roller pada motor matic-mu.

Meskipun telah dirawat dengan baik, biasanya setelah penggunaan selama lima tahun performa mesin dan komponen lain pada motor akan menurun. Maka, sangat tepat buat kamu untuk mengganti sepeda motormu dengan yang baru karena motor akan membutuhkan service lebih sering dan performanya pun akan terus menurun. 

Bagaimana? Tips diatas merupakan tips yang sangat bagus dan mudah dilakukan bukan? Jadi jangan lupa untuk selalu lakukan perawatan secara rutin pada motormu agar tetap nyaman dan aman saat berkendaraya.