4 Generasi Honda CBR150R Dari Masa Ke Masa

Sep 13, 2019 By Astra Motor Category : Info

Honda CBR150R ini dikenal di kalangan pecinta motor fairing. Motor sporty entry level ini secara dimensi, kapasitas mesin, dan bobotnya terbilang kompak. Walaupun bernama CBR, sebetulnya versi 150 cc ini dibuat untuk menggantikan posisi Honda NSR150. Saat itu, teknologi mesin NSR (dua-tak) dirasa sudah lama. Makanya, tahun 2002 menjadi momen pertama kelahiran CBR150R dengan mesin DOHC 4-tak terbaru.

Generasi Pertama

Honda CBR150R generasi pertama ini menjadi yang paling ikonik. Wajar saja, ketimbang generasi di bawahnya, generasi pertama adalah yang paling lama. Dalam sembilan tahun, permintaannya malah terus bertambah. Padahal, harganya tergolong mahal, karena CBU ini dari Thailand. Urusan laju dari motor Honda ini, ditanamkan mesin 149,5 cc pada rangka twinsparnya. Ukuran bore sengaja dibuat lebih besar untuk bermain di putaran tinggi (63,5 x 47,2 mm). keluaran tenaga Honda CBR150R generasi pertama ini adalah 17,8 PS dicapai pada 10.500 rpm dan torsi 12 Nm di 8.500 rpm (klaim).

Sistem fuel supply di generasi pertama ini menggunakan karburator. Saat itu, sering kali pemiliknya mengubah settingan atau bahkan menggantinya dengan ukuran lebih besar guna meningkatkan performa. Tak lupa, knalpot bersuara besar jadi aksesori wajib para konsumen motor ini.

Generasi Kedua

Untuk pertama kalinya pada 2011, generasi kedua CBR150 ini dihadirkan Astra Honda Motor. Hal ini menjawab atas kekosongan peran ATPM di CBR generasi pertama. Demand yang begitu besar, nampaknya membuat mereka percaya diri membawanya ke Indonesia. Urusan laju, tak berubah sama sekali. Masih mengandalkan mesin satu silinder 149,5 cc yang tertanam di rangka Delta Box baru. Dan juga pada output tenaganya, sama persis. Namun Honda telah menyematkan teknologi PGM-FI untuk menyuplai bensin. Praktis, irit BBM tanpa harus kehilangan tenaga.

Generasi Ketiga

Generasi ini menjadi yang pertama kali diproduksi AHM pada tahun 2014. Lagi-lagi, dimensinya lebih besar ke angka (P x L x T) 1.995 x 711 x 1.117 mm. Yang juga menarik, sepertinya Honda sadar akan desain headlamp yang membosankan di generasi kedua. Mereka mengembalikannya lagi, dengan model split dual keen eyes. Desain bodinya juga terkesan lebih sporty. Menurut Honda, mereka terinspirasi dari varian tertinggi keluaran motor sportnya yaitu, CBR1000RR.

Urusan performa, sama-sama memiliki kapasitas mesin DOHC 149,5 cc. Tapi, tenaganya sedikit menurun di angka 17,1 PS di 10.500 rpm. Sedangkan torsi maksimal naik menjadi 13 Nm (7.500 rpm). Tak hanya itu, topspeed mencapai 131 km/jam, atau 1 km/jam lebih tinggi dibanding versi sebelumnya.

Generasi Keempat

Generasi ini terbilang masih baru sejak 2016 pertama kali diluncurkan, hingga sekarang. Perubahan desain besar-besaran juga terlihat. Generasi keempat ini yang paling keren ketimbang generasi sebelum-sebelumnya. Salah satunya, berkat rangka terbaru yang mampu memangkas bobot hingga 5 kg dibandingkan versi sebelumnya.

Bukan cuma bobot, mesin 149,16 cc DOHC memiliki settingan yang berbeda. Tenaganya melonjak ke angka 17,1 PS/9.000 rpm dan torsi 13,7 Nm/7.000 rpm. Kompresi mesin juga dibuat lebih padat, dengan perbandingan 11,3:1. Selain lebih kencang, mesin Honda CBR150R ini diklaim lebih irit bahan bakar, yang mampu mencapai 38,7 km/liter.